oleh

Radio Suara Kota Wali Demak Raih Juara Pertama, Anugerah Penyiaran Jawa Tengah 2021

DEMAK – Bratapos.com, Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Kota Wali-Demak (RSKW) 104.8 FM terpilih menjadi LPPL terbaik di Jawa Tengah. Atas prestasinya itu RSKW berhak mendapat anugerah KPID Award, Jumat 11 Juni 2021. Penganugerahan diselenggarakan di Graha Terang Abadi Solo dihadiri stakeholder strategis pelaku penyiaran di Jateng, dan sejumlah tokoh yang memiliki concern di bidang ini.

LPPL Demak berhasil menjadi yang terbaik setelah lolos seleksi babak pertama yang diikuti 34 LPPL se Jawa Tengah. Dari 34 peserta dijaring menjadi 6 peserta, meliputi LPPL Irama FM dari Purworejo, LPPL Buana Asri FM dari Sragen, LPPL Swara Kudus FM dari Kudus, LPPL Radio Suara Kota Wali dari Demak, LPPL Bercahaya FM dari Cilacap dan LPPL Slawi FM dari Kabupaten Tegal.

‘’Prestasi ini kami syukuri menjadi modal untuk memacu RSKW dapat lebih baik lagi. Apalagi kami punya momentum baru dengan Bupati yang millenial, semoga RSKW dapat lebih membanggakan,’’ ujar Endah Cahya Rini.

Penilaian penghargaan tersebut dilakukan secara berjenjang oleh Dewan Juri yang ditetapkan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Jawa Tengah, yakni Bona Ventura, SH, Amir Machmud, SH MH dan Kepala Kominfo Prov Jateng, Riena Retnaningrum, SH Artinya ajang ini sebagai sebuah kompetisi merupakan perhelatan yang berbobot dan membanggakan. Penilaian mencakup beberapa aspek, di antaranya kinerja, kreativitas, jejaring dan juga performance kelembagaan secara menyeluruh. Tahapan akhir penilaian adalah uji presentasi yang dipaparkan Endah Cahya Rini, selaku penanggung jawab RSKW Demak di hadapan Dewan Juri.

Bupati Demak, Dr. Hj Eisti’anah, SE. hadir secara langsung menerima Penghargaan KPID Award ini didampingi Kepala Dinkominfo Demak, Dra Endah Cahya Rini, MM. Atas prestasi RSKW Demak itu, Eisti–panggilan akrab Bupati Demak menyampaikan apresiasi. ‘’Terima kasih teman-teman Kominfo, dan seluruh kru RSKW, buat saya prestasi ini membanggakan. Apalagi dalam situasi yang masih memprihatinkan dimasa Pandemi Covid-19 RSKW masih eksis memberikan pelayanan dengan informasi terkini dan hiburan yang menyenangkan. Semoga RSKW dapat menjadi tulang punggung menopang kebijakan Pemerintah Daerah, khususnya sektor komunikasi,’’ ujar orang nomor satu di Jajaran Pemkab Demak ini.

Terkait dengan anugerah yang diraih RSKW Demak, Endah Cahya Rini mengatakan, prestasi ini adalah buah sinergi yang positif. Radio Suara Kota Wali sebagai satu-satunya radio di Demak kini didorong bertransformasi menjadi radio masa kini yang menyasar segmentasi kaum millennial. Dengan Tagline “Inspiring News and Music” diharapkan dapat menjadi radio rujukan khususnya masyarakat Kabupaten Demak. “Saya berharap kedepannya Radio Suara Kota Wali dapat menjadi radio rujukan dalam hal diseminasi informasi terkini dan hiburan masyarakat secara luas,” ujar Endah.

Melalui upgrade antena pemancar, Radio Suara Kota Wali berusaha memperluas jangkauan siaran agar frekuensi dapat ditangkap radio analog dengan jernih. Selain itu untuk menembus batas ruang dan waktu, Radio Suara Kota Wali juga dapat dinikmati secara online melalui aplikasi “Radio Suara Kota Wali” yang dapat diunduh di Playstore dan dapat dinikmati secara audio visual melalui youtube “Suara Kota Wali Channel”.

Untuk menunjang mutu manajemen, Endah menambahkan diawali dengan peningkatan kapasitas SDM yakni melakukan seleksi penyiar secara ketat, melakukan kaji banding agar manajemen dapat menentukan langkah perbaikan bersifat sustainable dan mengadakan capacity building dilakukan secara in house training dengan mendatangkan professional broadcasting.

Reporter : Ershad

Editor : Maya

REKOMENDASI UNTUK ANDA