oleh

Ketua Tim Penggerak PKK Aminah Hadi Buka Sosialisasi UMKM Produktif di Masa Pandemi

PROBOLINGGO, Bratapos.com- Sekira jam 8 pagi (7/6), Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin tiba di Pendapa Kecamatan Kanigaran guna membuka giat Sosialisasi Mewujudkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Produktif di Tengah Masa Pandemi Covid 19 di Wilayah Kecamatan Kanigaran.

UMKM merupakan pilar penyangga kekuatan perekonomian Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI menunjukkan bahwa sektor UMKM memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pendapatan domestik bruto dan mampu menyerap tenaga kerja yang sangat banyak.

Akan tetapi, di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin menyebut, pendapatan UMKM mengalami penurunan yang sangat signifikan. “Bahkan, sampai ada yang gulung tikar atau merumahkan sebagian karyawannya, hanya untuk agar tetap bertahan,” ucapnya.

Didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Kanigaran, Lucia Aries Yuliyanti, Aminah Hadi menambahkan, di masa pandemi Covid-19 UMKM diharapkan dapat tetap produktif dan mampu memasarkan produknya. Sehingga mampu menjadi kekuatan penyangga ekonomi nasional, dan sebagai tulang punggung dalam menggerakkan ekonomi secara dinamis.

Upaya itu, untuk mempertahankan agar UMKM bisa survive dan terus produktif. Atas dasar itu, pemerintah diharapkan dapat melakukan pendampingan dan pembinaan bagi UMKM di Kota Probolinggo, seperti yang dilakukan oleh Kecamatan Kanigaran.

“Ini tugas kita bersama. Sebagai kader PKK, yang berperan ikut meningkatkan pertumbuhan UMKM dengan membuat berbagai pemberdayaan, pembinaan dan pendampingan kepada pelaku usaha sekaligus memberikan contoh. Serta mengedukasi masyarakat untuk bela dan beli produk dalam kota. Selain bisa memenuhi kebutuhan kita, juga bisa membantu para UMKM, supaya perekonomian tetap bergerak,” tandasnya.

Dihadapan 50 peserta sosialisasi, yang terdiri dari UMKM se Kecamatan Kanigaran itu, Aminah mengingatkan peran penting TP PKK dalam mensukseskan program pemberdayaan keluarga. Utamanya, menggerakkan dan meningkatkan perekonomian untuk kesejahteraan seluruh warga.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Kanigaran Lucia Aries Yuliyanti dalam laporannya menyampaikan, kegiatan yang berlangsung hari ini bertujuan mengembangkan dan memanfaatkan potensi dan sumber daya keluarga dalam rangka pemenuhan kebutuhan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Selain itu, meningkatkan serta memberdayakan ekonomi keluarga, melalui pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM. “Disamping juga pengembangan UMKM yang diharapkan sebagai solusi dari sistem perekonomian yang mengantarkan masyarakat siap bersaing dalam pasar global, yang berimbas pada memperluas lapangan kerja, pemerataan pendapatan, serta terciptanya kewirausahaan,” terangnya.

Pengembangan UMKM merupakan salah satu upaya yang diharapkan dapat dilakukan secara simultan oleh semua pihak dan seluruh stakeholder yang ada. Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo.

Giat yang juga ajang untuk memperkenalkan produksi olahan tangan kreatif para pelaku usaha UMKM di Kota Probolinggo itu disambut begitu hangat oleh istri dari Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin itu.

Aminah tampak antusias untuk mengetahui beragam produk yang ditawarkan UMKM Kecamatan Kanigaran yang dipajang di meja display. Perhatiannya bahkan tertuju cukup lama pada satu produk olahan dari pelepah pohon pisang.

“Bisa dimakan ya? (rasanya) Enak??,” tanyanya.

“Bisa bu, rasanya juga enak. Monggo Ibu dicoba,” jawab Luci sambil menawarkan.

Reporter: Saiful Mustofa

Editor/Publisher: Shelor

REKOMENDASI UNTUK ANDA