oleh

100 Hari Kerja, Fandi Akhmad Yani Melaunching Angkutan Umum di Pulau Bawean

GRESIK, Bratapos.com. Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah sejak dilantik menjadi Bupati Gresik dan Wakil Bupati, oleh gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada 26 Februari 2021. Seratus hari kerjanya ke Pulau Bawean, langsung melaunching angkutan Umum Perintis Sangkapura-Tambak dan angkutan penyeberangan perintis Bawean Pulau-Gili pulang pergi.

Bupati beserta OPD tiba di Pelabuhan Sangkapura pada Selasa (8/6/2021) siang, Bupati langsung didaulat untuk melaunching alat angkutan umum yang berada di Pulau Putri tersebut. Seakan tak lelah setelah 4 jam berlayar dengan kapal cepat dari pelabuhan Gresik. Gus Yani dan Ning Min melepas 2 unit minibus milik Perum Damri yang masing-masing berkapasitas 15 orang penumpang tersebut.

Memang tempat Launching ini berada di halaman kantor Pelabuhan Sangkapura atau sekitar 2 kilometer dari dermaga kapal cepat. Sekitar 30 menit dengan berjalan kaki rombongan Bupati dari Gresik memenuhi kursi undangan yang ada ditempat tersebut.

“Saya senang dengan tempat acara yang disediakan ini, karena berada di luar ruangan. Selain langsung menghadap laut yang indah, kita sendiri harus sadar dan tetap melaksanakan protokol kesehatan di masa pandemi yang belum berakhir ini,” katanya memulai sambutan.

Disisi kanan tempat Bupati memberi sambutan. Dua kendaraan minibus yang sudah dihidupkan mesinnya. Dua kendaraan inilah yang bakal melayani masyarakat dari Sangkapura ke Tambak dan sebaliknya.

“Memang dua angkutan ini sangat terasa masih kurang. Tapi kami akan terus mengevaluasi kebutuhan masyarakat ini, dan akan saya ambil kebijakan apabila masyarakat membutuhkan. Saat ini, kami akan menyamaratakan layanan masyarakat baik-baik di Gresik daratan maupun di Gresik kepulauan Bawean ini,” katanya.

Gus yani menyatakan bahwa kedepan tidak ada lagi fokus sentralisasi layanan. Setiap kebijakan nisainya sama untuk seluruh masyarakat Gresik.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Gresik Nanang Setyawan melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Reza Pahlevi mengatakan bahwa program angkutan perintis untuk masyarakat Pulau Bawean ini merupakan bagian Program Nawa Karsa 99 Bupati Gresik.

“Kami berharap masyarakat bisa marawat dan kalau memang dibutuhkan, kami akan usulkan penambahan. Kami yakin ke depan Pariwisata Pulau Bawean ini akan berkembang lebih baik apabila kita sebagai masyarakat Gresik ikut mempromosikan. Misalnya menggandeng siswa seolah untuk melaksanakan study wisata di Bawean,” katanya optimis.

Selain meresmikan angkutan, Gus Yani Bupati Gresik juga didaulat oleh masyarakat untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid As-Shalihin di Desa Kota Kusuma Sangkapura Pulau Bawean.

Pewarta: Jamal

REKOMENDASI UNTUK ANDA