oleh

Bantu Pemudik Yang Putar Balik, 2 Orang Birojasa “Jalan Tikus” di Amankan Polisi

Last updated : Sabtu, 15 Mei 2021, 11:26 WIB

LUMAJANG, Bratapos.com- Tepatnya Jum’at 14 Mei 2021 sekira pukul: 02.00 Wib, petugas piket Satreskrim Mapolres Lumajang menerima penyerahan dari petugas pos penyekatan jembatan timbang klakah, dua orang pria yang diduga melakukan pungutan liar dengan modus membantu para pengendara yang diduga pemudik lolos atau menghindari pemeriksaan di pos penyekatan yang ada di Jalan raya klakah Kabupaten Lumajang Jawa timur.

Kedua pria yang berhasil diamankan petugas berinisial “AK” (59), warga Desa Mlawang Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang, dalam kesehariannya bekerja sebagai tukang parkir.

Sedangkan satu orang lagi berisial “JM”
(46), asal warga Desa Klakah Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang.

Modus yang dilakukan para terduga melakukan pungli yaitu para pemudik yang
tidak bisa melintas di pos penyekatan dan diperintahkan putar balik oleh petugas pos penyekatan, terduga pelaku memintanya imbalan uang sebesar Rp. 50.000, untuk di arahkan melewati jalan alternatif.

Para terduga diamankan saat petugas pos penyekatan melihat dan mencurigai unit kendaraan roda empat berhenti diutara pos penyekatan, dan disebelah jalan ada dua orang pria. Guna menyatakan curiga yang dirasa, dengan seketika petugas pun menghampiri kendaraan tersebut untuk pengecekan, ternyata benar dijumpai “AK” dan “JM” di duga hendak membantu meloloskan pemudik, yang kemudian keduanya diamankan Petugas selanjutnya diserahkan ke Satgas Gakkum untuk dilakukan pemeriksaan.

Saat dilakukan interograsi oleh petugas,
“AK” mendapatkan hasil diduga pungli Rp 100. 000 dengan mengaku mengantarkan dua pengendara mobil yang diperintahkan balik oleh petugas. Tapi setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan uang tunai sebsar Rp. 302.000 disaku baju yang dipakainya.

Sementara “JM” juga sudah mengantarkan dua kali pengendara mobil untuk melewati jalan alternatif (tikus), karena petugas pos memerintahkan putar balik. Dari aksinya “JM” mendapatkan keuntungan sebesar Rp.100.000, setelah dilakukan pemerisaan ditemukan uang tunai sebsar Rp. 861.000 yang disimpan didalam tas slempang warna hitam.

Dalam kejadian tersebut petugas berhasil mengamankan beberapa barang bukti yaitu, Uang tunai Rp. 302.000, dari tangan “AK”. Dan Uang tunai Rp. 861.000, dan tas selempang warna hitam dari tangan “JM”.

Atas kejadian tersebut, kedua tersangka pelaku pungli atau memanfaatkan waktu aturan Protokol kesehatan, langsung diamankan ke Polres Lumajang guna dimintai keterangan, dan membuat surat pernyataan untuk tidak melakukan pungli lagi, bahkan kedua tersangka berjanji jika masih mengulangi lagi perbuatannya itu bersedia diproses sesuai hukum yang berlaku,”Pungkasnya.

Reporter: Bratapos (tim)

Editor/Publisher: Shelor

REKOMENDASI UNTUK ANDA