oleh

Ngeyel Mudik Tak Lengkap Persyaratan, Motor & Mobil Banyak Putar Balik

Last updated : Minggu, 09 Mei 2021, 18:14 WIB

LUMAJANG, Bratapos.com- Penyekatan arus mudik lebaran Idul Fitri 1442 H, guna menghindari penyebaran virus klaster baru Covid 19, disejumlah wilayah daerah terus dilakukan setiap perbatasan, semisal di daerah rayon selatan perbatasan Malang – Lumajang, Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa timur.

Terlihat sejumlah petugas gabungan tanpa henti memeriksa kendaraan yang melintas, tampak juga petugas memaksa pemudik dari arah kabupaten Malang putar balik kendaraannya karena tidak dilengkapi dengan surat pendukung untuk masuk ke kabupaten Lumajang.

Kepala Pos Check Poin Penyekatan Rayon Ops Ketupat Semeru 2021 Lumajang, AKP Basuki Rahmad, S.H., tidak ada kompromi bagi pemudik yang hendak masuk Kabupaten Lumajang tanpa dilengkapi surat pendukung dari dinas atau perusahaan terkait.

“Jika pemudik yang melintas tidak dilengkapi surat pendukung, maka tidak ada alasan, tetap harus putar balik”,Ujarnya, Minggu (9/5/2021).

Nampak terlihat sejumlah kendaraan roda empat ataupun roda dua, saat melewati pos check Poin rayon selatan harus putar arah kendaraannya karena tidak dilengkapi surat pendukung, meski demikian masih ada saja pemudik yang terkadang harus “ngeyel” memaksa untuk tetap lewat, namun petugas gabungan dari TNI, polri, Dishub, dan Satpol PP Lumajang, tetap saja melarang agar kendaraan tersebut untuk tidak melanjutkan perjalanannya.

“Rata-rata perhari untuk roda 4 sekitar 15- 20 kendaraan, sedang untuk roda dua sekitar 20 sampai 30 unit perharinya, dan terkadang meski tidak dilengkapi dengan surat pendukung kadang pengendara tetap ngeyel untuk tetap melintas, tapi tetap saja kita larang”,Tambahnya.

Lebih jauh, Basuki Rachmad menghimbau kepada masyarakat agar mengurungkan niatnya untuk mudik, karena selama tidak ada kepentingan lain, tugas ataupun kepentingan lainnya yang bersifat darurat mendingan di cancel, dari pada harus kembali putar balik.

“Sebaiknya masyarakat untuk tetap dirumah, selama lebaran 1442 h ini, tidak melakukan mudik atau perjalanan yang dapat merugian masyarakat, saya harap masyarakat memahami atas tujuan dari kegiatan ini yang tidak lain untuk keselamatan bersama,”Pungkasnya.

Reporter: Bratapos (tim)

Editor/Publisher: Shelor

REKOMENDASI UNTUK ANDA