oleh

Puluhan Karyawan K3PG PT Petrokimia Gresik Demo Tuntut Hak THR

Last updated : Jumat, 07 Mei 2021, 12:55 WIB

Teks foto : Para pekerja K3PG saat membentangkan spanduk tuntutan Thr tahun 2021 di Depan Kantor K3PG Gresik (Jamal/Bratapos.com)

GRESIK, Bratapos.com. Puluhan pekerja K3PG yang dipekerjakan di PT Petrokimia Gresik bagian sopir dump truk bermalam dan bertahan di depan kantor pusat K3PG Jalan A. Yani Kecamatan / Kabupaten Gresik.

Mereka menuntut tunjangan hari raya (THR) yang tak kunjung diberikan oleh pihak perusahaan K3PG. Sejak pagi para karyawan membuat spanduk hingga larut malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Dengan spanduk dan bekal air mineral dan kopi para karyawan terus bertahan di lokasi. Pantauan di Lapangan, puluhan karyawan sudah bekerja terhitung 3 tahun sampai 9 tahun ini nampak lesu dan terus menyuarakan haknya.

Perwakilan pekerja Slamet Riyadi mengatakan, pihaknya bersama puluhan karyawan sangat kecewa dengan tidak diberikannya hak Thr karyawan.

“Ada sekitar 48 pekerja sopir menuntut hak Thr ini, yang sudah lima hari lagi hari raya,” ungkapnya, Kamis (6/5/2021).

Sebelumnya para karyawan juga sudah melakukan mediasi bersama dinas tenaga kerja.

“Sudah tiga kali mediasi tiga pihak, perusahaan, Disnaker, dan pekerja. Tapi tidak ada solusi dan Thr tak kunjung diberikan,” kecamnya.

Para sopir bahan baku dan bahan jadi yang mengantarkan pupuk PT Petrokimia Gresik ini di tahun 2020 ada Thr tapi hanya Rp 1 juta sampai 2 juta 500 ribu. Yang setiap status lama karyawan menentukan jumlah Thr yang diberikan perusahaan.

“Kalau kurang satu tahun bekerja Rp 1 juta, dan pekerja diatas 1 tahun lebih Rp 2 juta 500 ribu, ada yang 2 juta 500 ribu. Intinya variasi mas,” paparnya.

Idealnya sesuai dengan SE Menaker tentang THR tahun 2021, karyawan yang telah bekerja selama 12 bulan atau lebih akan mendapatkan THR sebesar 1 kali gaji.

Bagi karyawan yang belum 1 bulan atau 1 tahun bekerja, perhitungan THR yang didapat bisa menggunakan perhitungan sebagai berikut,
(1 Bulan gaji : 12) x masa kerja.

Contoh perhitungan THR karyawan kurang dari 1 tahun seperti berikut ini,
(Rp 2.400.000 : 12) x 10 bulan masa kerja = Rp 200.000 x 10 bulan masa kerja = Rp 2.000.000. Jadi untuk karyawan dengan masa kerja 10 bulan akan mendapatkan THR sebanyak Rp 2.000.000.

Untuk pekerja dengan perjanjian kerja harian dengan masa kerja 12 bulan atau lebih, upah 1 bulan gaji dihitung berdasarkan rata-rata gaji yang diterima dalam 12 bulan terakhir sebelum hari raya. Sedangkan yang kurang dari 12 bulan, 1 bulan gaji perhitungannya berdasarkan rata-rata gaji yang diterima setiap bulan selama masa kerja.

THR karyawan wajib dibayarkan oleh perusahaan atau pengusaha paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

Di tempat terpisah pihak K3PG ketika dikonfirmasi oleh wartawan melalui Septa menyampaikan, saat ini masih proses mediasi. “Perusahaan belum bisa mengeluarkan jawaban resminya,” ujarnya singkat.

Pewarta: Jamal
Publish: Dimas

REKOMENDASI UNTUK ANDA