oleh

Peran Komunitas Trail DOT Dalam Pertumbuhan Sektor Pariwisata Demak

Last updated : Jumat, 07 Mei 2021, 19:27 WIB

DEMAK, Bratapos.com – Jum’at (07/05/2021) Bagi sobat yang punya hobi adventure naik motor trail dan berdomisili di Demak, Jawa Tengah, mungkin komunitas satu ini bisa dilirik.

Berbagai cara dilakukan warga Kabupaten Demak menjelang waktu buka puasa Ramadan. Salah satunya adalah ngabuburit dengan bermain adventure trail atau yang lebih dikenal dengan sebutan trabas, menjelajah jalur terjal menggunakan motor trail.

Seperti yang dilakukan oleh puluhan anggota Komunitas DOT Adventure Trail yang menunggu waktu saat berbuka puasa tiba di kawasan hutan Ploso Wonosalam Demak Jawa Tengah.

Dengan menerapkan protokol kesehatan serta menggunakan standar perlengkapan keamanan, puluhan trabaser melintasi kawasan Hutan Dan persawahan dengan bebatuan terjal, jalan tanah berbatu, dan sungai yang berada di jalur yang dilintasi.

Jenis motor yang dinaiki pun juga berbeda-beda, begitu juga para anggota yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda pula, yang tetap kompak di dalam satu hobi yang tergolong ekstrem ini.

Ketua komunitas DOT Suwanji mengatakan, ngabuburit sambil bermain adventure trail ini dilakukan selain untuk mengisi kegiatan bulan Ramadan dengan hal yang positif juga untuk menjaga kebersamaan di dalam komunitas.

Menurut Titus Jalur tersebut menghubungkan wilayah Desa Galdoyong, Puyang, Karangsambung, kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak ke kawasan Hutan Ploso.

Jalur Ploso Di Kawasan Wonosalam sangat menantang dengan medan terjal yang bisa menguras tenaga saat mencoba melintasinya.

Saat akan melakukan trabasan, para peserta tentunya harus mempersiapkan motor yang mumpuni karena medan yang dilalui cukup berat. Meski begitu, Titus menuturkan jika risiko yang akan dihadapi itu justru tidak membuat mereka kapok.

Malahan membuatnya semakin bersemangat, karena setelah sembuh langsung trabasan lagi. Aspek lingkungan juga jadi salah satu hal yang sangat diperhatikan mengingat komunitas ini memiliki komitmen untuk berperan dalam menjaga lingkungan, menjaga hutan dan melakukan kegiatan di wilayah yang legal untuk aktivitas motor trail.

Reporter: Ershad
Editor: Arta
Publisher: Arifin

REKOMENDASI UNTUK ANDA