oleh

Tidak di Fungsikan, BPD Sumberpetung “Bongkar Borok” Kades

MALANG, Bratapos.com- Sepertinya adanya penetapan APBDes tahun 2020 di Desa Sumberpetung Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang, kini seakan menjadi polemik. Pasalnya kepala desa (kades) Sumberpetung, Hamim Achmad, diduga telah melanggar aturan terkait penetapan APBDes tahun 2020, dimana setiap proses pembahasan tidak pernah melibatkan para anggota BPD Desa Sumberpetung, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Jawa timur. Selasa (04/05/2021).

Dengan hal tersebut, dari beberapa anggota BPD yang diwakili oleh salah satu anggota berinisial (M) menjelaskan bahwa BPD tidak pernah dilibatkan dalam proses pembahasan dan penetapan oleh kepala desa Sumberpetung Hamim Achmad.

“Jangankan penetapan, pembahasan rancangan APBDes saja tak pernah ada yang dilibatkan. bahkan tak pernah dapat salinan APBDes, baik APBDes yang awal maupun perubahan,”Ujar “M” kepada tim Bratapos Jum’at, (30/04/2021).

Selain itu BPD juga menjelaskan, bahwa terkait pengelolaan Tanah Kas Desa (TKD), Desa Sumberpetung telah menetapkan peraturan Desa No 5 tahun 2019 tentang tata cara pengelolaan tanah kas desa.

“Hingga kini peraturan desa juga belum dilaksanakan, sampai detik ini pun masih beku di Kecamatan. BPD tidak mengetahui disewakan berapa per hektar, disewakan kepada siapa,”Tambahnya.

Polemik yang terjadi didesa Sumberpetung tersebut, pihak anggota BPD berharap agar Kades Sumbarpetung dapat menjalankan tugasnya dengan benar beserta mematuhi peraturan perundang undangan yang ada.

Guna menuai kejelasan terjadinya polemik yang terjadi, tim Bratapos.com melakukan konfirmasi terhadap Kades Sumbarpetung terkait proses penetapan APBDes tahun 2021 di Desa nya. Akan tetapi lain jawapan yang diberikan oleh Hamim Achmad kades yang artinya beda dengan penyampaian anggota BPD kepada tim Bratapos.com sebelumnya, bahwa Kades mengatakan jika saat proses penetapan APBDes tahun 2020, semua anggota BPD dilibatkan.

“Anggota BPD semuanya dilibatkan mas,”Kata Kades Hamim Achmad, kepada Bratapos.com. Selasa, (04/05/2021).

Selain itu ketika ditanya terkait mekanisme tanah kas Desa Sumberpetung disewakan berapa dan digarapkan kesiapa, pihaknya mengatakan, bahwa tanah kas desa telah disewakan .

“Semua sudah ada di APBDes, tanyakan di Kecamatan saja mas,”Jelas Kades ketika dikonfirmasi Bratapos di Kantor Desa Sumberpetung.

Lebih jauhnya Kades Hamim Achmad juga
menjelaskan, jika terkait kasus desa Sumberpetung sejauh ini terbilang sudah clear, bahkan untuk di Kejaksaan Negeri Malang maupun di Inspektorat juga sudah selesai tinggal di Resort,”Pungkasnya.

(Bersambung)

Reporter: Nip / Bratapos tim.

Editor: Shelor

Publisher : Shelor/Adi

REKOMENDASI UNTUK ANDA