oleh

Gubernur Jateng Lantik Bupati Dan Wakil Bupati Grobogan Secara Virtual di Kantor Gubernur

Last updated : Senin, 26 Apr 2021, 23:41 WIB

Jawa Tengah,Bratapos.com-Bupati dan Wakil Bupati Grobogan terpilih, Hj Sri Sumarni-Bambang Pujianto, hari ini, Senin (26/4/2021) diambil sumpah dan dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo atas nama Presiden menjadi Bupati-Wakil Bupati Grobogan untuk masa bakti 2021-2026.

Pengambilan sumpah jabatan dan sekaligus pelantikan menjadi kepala daerah di Grobogan berlangsung secara virtual di Gedung Gradika Bhakti Praja, Kantor Gubernur Jateng, di Semarang.

Hadir dalam acara tersebut, Wagub Jateng Taj Yasin, Ketua DPRD Jateng, Forkompinda Grobogan, anggota DPR RI Edy Wuryanto, Waki Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu pula, Ketua Tim Penggerak PKK/Ketua Dekranasda Jateng Hj Atikoh Ganjar Pranowo juga melantik Rinjani Bambang Pujianto sebagai Ketua TP PKK/Ketua Dekranasda Grobogan.

Pelantikan disaksikan seluruh kepala OPD tingkat Kabupaten Grobogan, para camat dan kepala desa, serta masyarakat, secara daring.

Gubernur Ganjar Pranowo dalam sambutannya hanya menekankan dua hal. Pertama, tentang pakta integritas.

“Banyak kalangan belum tahu apa isi pakta integritas itu, makanya saya sampaikan,” kata Ganjar.

Isi pakta integritas, di antaranya ikut aktif dalam pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme; tidak menerima suap dan gratifikasi, harus jujur dan akuntabel dalam mengelola anggaran.

“Kalau soal ideologi harus tetap Pancasila, tidak bisa ditawar lagi,” tegas Ganjar.

Hal kedua yang ditekankan Ganjar adalah kasus Covid-19, yang saat ini belum turun secara signifikan di Jateng.

Ganjar meminta pejabat yang baru dilantik untuk selalu memperhatikan sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM).

“Tolong Saudara Bupati dan Wakil Bupati untuk selalu mengawasi hal itu,” pinta Gubernur Ganjar.

Terkait infrastruktur jalan provinsi yang ada di Grobogan, yang berulang-ulang disampaikan Bupati Grobogan Sri Sumarni, Ganjar langsung menyampaikan usulan itu kepada Ketua DPRD Jateng yang hadir dalam pelantikan itu.

“Ini usulan Bu Sri kepada saya. Bu Sri itu cerewet, tapi cerewet baik, karena memperjuangkan untuk rakyat,” katanya.

Menurut Ganjar, untuk tahun 2022, jalan provinsi yang ada di Grobogan menjadi prioritas untuk segera diperbaiki.

Khusus kepada Ketua PKK Grobogan yang baru, Ganjar berharap untuk memperhatikan masalah stunting (anak dengan pertumbuhan tidak normal karena kekurangan gizi), AKI/AKB, dan para ibu hamil.

Di samping itu, kata Ganjar, saat ini banyak pernikahan usia dini. Oleh karenanya, melalui PKK bisa diselipkan upaya dalam pencegahannya.

Menutup sambutannya, Guberbur Jateng memuji para kepala desa di Kabupaten Grobogan yang selalu kreatif dalam memajukan desanya dan selalu kompak.

“Saya bangga, para kades di Grobogan selalu kompak dan rukun,antusias mengucapkan atas pelantikan bupati dan wakilnya.”Pungkasnya.

Reporter :Arifin/red

REKOMENDASI UNTUK ANDA