oleh

Kompak, Masyarakat Desa Tamba’an Perbaiki Jalan Lingkungan Dengan Swadaya

SAMPANG, Bratapos.com. Warga Dusun Patemun Desa Tamba’an kecamatan Camplong sesuai dengan kesepakatan Padukuhan (Tretan Halim Berbuat), berkolaborasi dengan Kades Tamba’an (Sulaiman), serta Arif Amin Tirtana yakni Wakil Ketua DPRD Sampang Fraksi (PPP), dan Anggota DPRD Moh Zachroni Komisi 4 fraksi (Golkar), melakukan kerja bakti perbaikan jalan lingkup lingkungan warga serta saluran, yang masyarakat setempat merasa kurang baik, mengapa demikian, karena lokasi jalan tersebut banyak di gunakan oleh warga setempat.

Ukuran pembangunan jalan tersebut adalah Panjang 50 Meter dan lebar 2,5 Meter, Kegiatan perbaikan jalan ini dibangun dengan swadaya masyarakat Dusun Patemun, baik keperluan bahan pembangunan dan tenaga. Tokoh masyarakat Syaiful dan Abdul Manaf turut serta memberikan dukungan Sumbangsih terhadap perbaikan jalan tersebut.

Tujuan perbaikan jalan lingkup pemukiman warga ini, supaya memudahkan dan mempercepat mobilitas masyarakat setempat. Antusias dan kontribusi warga masyarakat Dusun Patemun Desa Tamba’an sangatlah baik, karena dapat dilihat juga dalam perbaikan jalan mereka selalu kompak dalam bergotong royong dan konsisten untuk ikut dalam pembangunan.

Salah satu Tokoh Saiful panggilan Akrabnya (Paul Young) mengatakan, di wilayahnya diagendakan perbaikan infrastruktur lingkungan Dusun Patemun secara berkesinambungan dengan cara bergotong royong, (Swadaya Masyarakat).

“Kami sudah mengagendakan pembangunan secara berkesinambungan, diutamakan corblok jalan terlebih dahulu. Setelah itu kami juga perbaiki saluran di sekitar jalan tersebut,” papar Saiful (Paul Young).

Hal ini kami lakukan untuk mendukung agenda Pemerintah Desa untuk mempercepat pembangunan kewilayahan. Selain mendapatkan bantuan dari Pemerintah Desa Serta Anggota DPRD Kabupaten Sampang.

“Selebihnya pembangunan corblok jalan lingkungan Dusun Patemon adalah hasil dari swadaya masyarakat, diantaranya bersumber dari Sumbangsih bantuan suka rela dari warga setempat, ungkapnya, Kamis (22/04/2021).

Dilokasi yang Sama Mat Hari perwakilan dari padukuhan (Tretan Halim Berbuat) juga menyampaikan aspirasi terhadap warga yang begitu kompak. “Saya sangat mendukung tindakan positif warga untuk perbaiki jalan dan saluran yang berada di dusun Patemun desa Tamba’an ini,” katanya.

“Dalam hal ini menjadi contoh untuk desa lainnya yang berada di kecamatan Camplong bisa mandiri untuk membangun desa lebih baik,” timpal Mat Hari.

Disisi lain yang juga dari Padukuhan (Tretan Halim Berbuat) Ghasim Sugara mengatakan, saya bangga berada di tengah-tengah masyarakat yang begitu kompak dan antusias untuk membangun desa dengan cara swadaya.

“Tidak harus menunggu dana dari pemerintah. Namun juga kita semua wajib memberikan kenyamanan/perbaikan kepada desa yang kita cintai,” sambung Ghasim Sugara.

Pewarta: Fara
Editor: Riyan
Publish: Jamal

REKOMENDASI UNTUK ANDA