oleh

Bea Cukai Teluk Nibung TBA : Transformasi Pelabuhan Menjadi Pengekspor Ditengah Pandemi Covid 19

Tanjung Balai, Bratapos.com – Bea Cukai Teluk Nibung adalah salah satu ujung tombak pelaksanaan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Pajak Bea dan Cukai (DJBC) didaerah pesisir Timur Sumatera Utara merupakan kantor yang harus berperan aktif agar pelabuhan Teluk Nibung bisa berproduksi dan menghasilkan kinerja ekspor dan harus mampu bertransformasi dari sebelumnya pelabuhan Teluk Nibung yang dikenal sebagai pintu masuk barang barang impor menjadi pelabuhan ekspor.

Meskipun tahun 2020 dilanda Pandemi Covid 19, namun apabila dilihat dari keseluruhan data ekspor baik dari segi jumlah dokumen, tonase, maupun devisa hasil ekspor, kegiatan ekspor melalui pelabuhan Teluk Nibung masih tetap menunjukkan tren peningkatan, ucap I Wayan Sapta Dharma selaku Kepala Kantor Bea Cukai Teluk Nibung Tanjungbalai Asahan, Kamis 22 April 2021.

Berdasarkan jumlah pemberitahuan ekspor barang (PEB) selama 5 tahun terakhir terdapat kenaikan yang sangat signifikan dari 621dokumen pada tahun 2015 menjadi 4524 dokumen ditahun 2020, artinya terdapat lonjakan sekitar 628% selama periode tersebut.

Untuk tonase ekspor juga terdapat peningkatan dari 15.950 ton pada tahun 2015 naik secara signifikan menjadi 26.060 ton pada akhir 2020. Kalau dilihat dari Devisa hasil ekspor juga menunjukkan tren peningkatan yang positif dari 11.444 (Ribu USD) pada tahun 2015 menjadi 15.358 (Ribu USD) pada akhir tahun 2020.

Hal ini tidak terlepas dari upaya peningkatan ekspor yang dilakukan oleh Bea Cukai Teluk Nibung melalu aksi terobosan bertajuk Tim Kerja Kemudahan Layanan Informasi dan Izin Kepabeacukaian dibidang Ekspor (Klinik Ekspor). Tim Klinik Ekspor adalah tim kerja yang bertugas mendata dan menganalisis potensi ekspor yang ada, berkoordinasi dan bersinergi dengan instansi terkait, melakukan publikasi, sosialisasi dan layanan informasi secara terpadu, melakukan peningkatan pelayanan perizinan berusaha serta melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kegiatan peningkatan ekspor diwilayah kerja kantor bea cukai Teluk Nibung.

Selain itu terdapat keunggulan yang dimiliki pelabuhan Teluk Nibung untuk mendukung proses transformasi menjadi pelabuhan ekspor, yaitu antaran lain jarak geografis yang dekat dengan Pelabuhan Port Klang Malaysia sehingga waktu tempuh pelayaran lebih cepat, jumlah kapal yang mengangkut barang ekspor semakin bertambah dimana saat ini sudah bisa melayani kegiatan ekspor 6 hari dalam seminggu, biaya logistik yang lebih bersaing untuk pengangkutan barang ekspor jenis Loose Cargo, sarana prasarana dipelabuhan yang memadai, akses transformasi darat menuju pelabuhan Teluk Nibung dari berbagai daerah yang semakin baik, serta pelayanan dokumen yang semakin cepat.

Seperti diketahui, Kota Tanjungbalai terkenal dengan produk perikanan laut yang sebagian besar diekspor ke Malaysia melalui pelabuhan Teluk Nibung. Pada tahun 2020, ekspor produk perikanan mencapai 65% dari seluruh komoditas yang diekspor melalui pelabuhan Teluk Nibung. Selain produk perikanan, juga terjadi peningkatan ekspor komoditas pertanian, perkebunan dan peternakan dari berbagai wilayah di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi sekitarnya, bahkan dari Pulau Jawa.

Komoditas komoditas unggulan yang sudah rutin diekspor melalui pelabuhan Teluk Nibung diantaranya Ikan, Pisang, Salak, Domba dan Kambing Hidup, Tekstil, Produk Nabati, Produk Olahan Makanan, Produk Industri Kimia dan lain lain. Saat ini sebagian besar komoditas yang diekspor masih berupa bahan mentah atau bahan baku.

Jumlah eksportir di Teluk Nibung juga harus bertambah dimana pada awal tahun 2015 terdapat 7 ekspor aktif yang beroperasi dan sampai pada tahun 2020 terdapat penambahan menjadi 13 eksportir. Selain terus mendorong bertambah nya jumlah eksportir salah satu program kerja Tim Klinik Ekspor Bea Cukai Teluk Nibung adalah upaya untuk meningkatkan ekspor barang produksi, khususnya oleh UMKM sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi didaerah.

Dengan melihat potensi yang ada serta sinergi yang semakin baik dari seluruh pemangku kepentingan, Bea Cukai yakin Pelabuhan Teluk Nibung akan terus bertransformasi menjadi salah satu pintu gerbang ekspor di Pulau Sumatera, tutup I Wayan Sapta Darma.

Reporter : Irwansyah

Publisher : Tim Bratapos

REKOMENDASI UNTUK ANDA