oleh

Peluang Atau Prospek Sertifikasi Profesi Guru PAUD Nonformal

SAMPANG, Bratapo.com. Banyak yang belum menyadari jika guru pendidikan anak usia dini (PAUD) nonformal, yaitu guru pada kelompok bermain (KB), tempat penitipan anak (TPA) dan satuan PAUD sejenis secara yuridis formal bisa mengikuti sertifikasi profesi guru, dan mestinya bisa memperoleh tunjangan profesi.

Menurut standar pendidikan anak usia dini, sebutan guru PAUD merujuk pada pendidik anak usia dini yang memenuhi kualifikasi akademik memiliki ijazah Diploma empat (D-IV) atau Sarjana (S1) dalam bidang pendidikan anak usia dini yang diperoleh dari program studi terakreditasi, atau memiliki ijazah diploma empat (D-IV) atau sarjana (S1) kependidikan lain yang relevan atau psikologi yang diperoleh dari program studi terakreditasi dan memiliki sertifikat Pendidikan Profesi Guru (PPG) PAUD dari perguruan tinggi yang terakreditasi (Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 pasal 25).

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyatakan tidak ada pembatasan kapasitas jumlah peserta, Langkah itu disambut gembira guru honorer. Mereka yakin dengan masuk PPPK
kesejahteraan dan masa depan akan cerah.

Meskipun kurang lebih Sekitar 1700 Guru Tidak Tetap (GTT) di sampang menunggu nasip baik, namun Sejumlah guru TK dan PAUD tetap berharap pemerintah Kabupaten Sampang peduli nasip GTT dan memberikan Peluang untuk guru PAUD dan TK terakomodir di 2021, meskipun keputusannya masih menunggu Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kabid PAUD dan PNFI H. Subairiyanto, SPd. MM.Pd, bersama KASI PAUD. M. Imron SPd. Mpd. menyampaikan Harapan “Guru itu pencetak generasi bangsa yang berkwalitas, di mulai dari usia Dini, Para guru berharap mudah – mudahan ada kebijakan dari BKN untuk formasi guru TK/Paud.” Ungkapnya

Sekedar Informasi Kabupaten Sampang mengajukan kuota penerimaan 360 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2021, Usulan ini sudah disampaikan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Pewarta : Fara
Editor : Riyan
Publish : Jamal

REKOMENDASI UNTUK ANDA