oleh

Digital Hetero for Startup, Diinisiasi Gubernur Ganjar Melalui Diskop UKM Jateng

SEMARANG, Bratapos.com – Senin (19-04-2021) Kembulan Digital Hetero for Startup, program yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM), berkolaborasi dengan Sampoerna untuk Indonesia dan Hetero Space akhirnya memasuki tahap akhir yaitu Final Day. Final Day akan diselenggarakan pada hari Selasa (13/04) di Allstay Hotel Semarang.

Program ini memiliki tujuan memberdayakan ide kreatif anak muda dalam menemukan solusi atas masalah pada lingkup Jawa Tengah serta memberikan ruang bagi mereka untuk berkolaborasi dan berkarya melalui startup digital. Dengan perkembangan digital yang semakin pesat, Pemprov Jawa Tengah menangkap ini sebagai peluang dan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan di sektor ekonomi kreatif.

“Harapannya Hetero for Startup dapat menciptakan entrepreneur baru, ada anak muda kreatif yang bisa berbagi pengalaman, ada kolaborasi yang bisa dibuat, maka ada produk yang bisa diciptakan dan selalu inovatif dan kreatif, kemudian bisa bermanfaat untuk ekonomi dan kemanusiaan yang akan menjadi kekuatan bangsa” tutur Ganjar Pranowo dalam opening Kembulan Digital Hetero for Startup.

“Hetero for Startup merupakan program dari kolaborasi antara pihak swasta (Sampoerna untuk Indonesia), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Hetero Space sebagai perwakilan dari komunitas. Kita berharap program ini akan terus berlanjut di batch selanjutnya karena kami melihat potensi startup di daerah yang belum terlihat sebelumnya, di program ini terlihat dan startup mereka begitu mengesankan” ucap Khaleed Hadi Pranowo selaku ketua panitia
Setelah kick off dibuka secara simbolis oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, proses pendaftaran startup pun berlangsung. Tim Hetero for Startup mencatat ada sebanyak 2188 peserta dengan total tim 437 yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pendaftar program ini tersebar dari 34 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Ada juga bahkan pendaftar dari luar provinsi Jawa Tengah.

Hasil startup yang diperoleh melalui pendaftaran, sebanyak 17 tim dari kesehatan, logistik dan transportasi 18 tim, pariwisata 23 tim, pendidikan 59 tim, UMKM 202 tim, serta umum (Lingkungan, gaya hidup, agrikultur, hiburan, dan lainnya) sebanyak 118 tim.

Pengumuman peserta yang lolos menuju tahap selanjutnya berlangsung pada tanggal 22 Februari 2021. Tim Hetero for Startup memilih sebanyak 20 peserta menuju ke tahap selanjutnya dengan ketentuan setiap tim mewakili dari berbagai bidang seperti pendidikan, pariwisata, logistik dan transportasi, UMKM, dan kategori umum. Startup digital yang berhasil lolos yaitu Event Hunter Indonesia, hompimpaa.id, dan Asdosku berasal dari Banyumas. Kabupaten Semarang berhasil lolos dengan dua tim yaitu BengokCraft dan Sunrise Adventure Consultant. Wilayah Kendal, Pekalongan, Purbalingga, Purworejo, Kabupaten Boyolali, dan Temanggung masing-masing daerah diwakili oleh tim bukakata.id, Pasar Sayoor, Komerce, NGOJOL, bsfly.id, dan Haripanen. Selain itu, terdapat enam startup digital berada dari Semarang antara lain Lindungi Hutan, ZAKKI, DigiTiket, Manusia Biasa, Kakarobot, dan GOLEVAT. Tak mau ketinggalan, Kota Surakarta diwakili oleh tiga startup yaitu SIAB Indonesia, SOKU, dan PT Sentra Solusi Automa.

Final day adalah fase akhir dari Hetero for Startup untuk mengukur kemampuan para founder startup di Jawa Tengah melalui pitching kepada tamu dan juri. Acara ini memiliki 2 tahapan dalam pelaksanaannya. Tahap pertama adalah eliminasi dari 20 tim akan diambil 5 tim terbaik dan tahap kedua adalah 5 tim terbaik akan presentasi di hadapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Nama-nama juri yang akan hadir dalam Final Day Hetero for Startup yaitu Ferro Ferizka sebagai Worldwide Senior Lead dan Customer Experience (CX) Microsoft, Founder of Clapham Company dan Angel Investor Chris Angkasa, dan Regi Wahyu sebagai CEO & Founder HARA. Acara ini akan berlangsung dari pagi hingga sore pada hari Selasa(12/4) di Allstay Hotel Semarang. Pengumuman juara akan diumumkan pada hari itu juga serta penyerahan hadiah langsung diberikan oleh Gubernur Ganjar Pranowo, perwakilan dari Sampoerna untuk Indonesia, serta Bank Jateng.

Reporter: Ershad
Editor/Publisher: Lut Arta

REKOMENDASI UNTUK ANDA