oleh

Viral Banyak Pembicaraan Belakangan Ini Melihat Hijaunya Lahan Green House di Kodim 0716/Demak

Last updated : Sabtu, 17 Apr 2021, 05:35 WIB

DEMAK, Bratapos.com – (17/04/2021) Tak hanya sektor pertanian, TNI AD juga menyiapkan seluruh kekuatan sampai kesatuan bawah untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di masa pandemi. Dengan dilandasi semangat Prajurit mampu bertempur dimana saja, dalam segala cuaca dan arah, Dandim 0716/Demak Letkol Arh M.Ufiz terus mendukung pemerintah dalam mensukseskan program ketahanan pangan nasional.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit dari pada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah dan hal ini sangat cocok pada aera yang memiliki pasokan air yang terbatas terlebih saat musim kemarau tiba.

Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz mencoba membudidayakan tanaman hidroponik ini diseputaran komplek Kodim Demak dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana seperti pralon, elbow dan gelas bekas air mineral dan dibentuk sedemikian rupa.

Saat ini keberadaan perkebunan hijau hidroponik di komplek Kodim Demak pun menjadi perhatian anggota masyarakat lainnya. Bahkan ada beberapa orang yang sengaja datang untuk belajar mengelola perkebunan hijau sederhana tersebut.

Adapun beberapa instansi mulai datang berkunjung seperti BPBD, Satpol PP serta mahasiswa dan pelajar untuk melaksanakan safari edukasi yakni, menanam, memanen, serta mengemas sayuran yang di hasilkan dari metode tanam hidroponik.

Pembuatan perkebunan hijau dengan metode hidroponik dapat menjadi pilihan, khususnya di tengah kota yang sudah sempit lahan. Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Arh Mohamad Ufiz mengatakan, “Keberadaan perkebunan hijau di Kodim 0716/Demak ini bisa menjadi terobosan dan menciptakan image baru bagi kodim-kodim lainnya yang berada di wilayah perkotaan. Selain itu metode ini dapat dimanfaatkan baik anggota maupun masyakarat umum, untuk menanam sayur-sayuran di pelataran ataupun samping rumah mereka yang luas lahannya terbatas”.

Dijelaskan jenis tanaman yang di tanam di Green House Kodim 0716/Demak adalah jenis sayuran selada, bayam, bayam brazil, Kangkung, daun mint serta pengembangan tanaman cabe.

Sementara, Dandim Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz menambahkan, jika warga masyarakat yang datang tak hanya untuk melihat saja, namun mereka datang juga bertujuan untuk belajar menanam sayuran dengan metode hidroponik.

“Mereka yang datang mulai dari rombongan pelajar hingga warga sekitar bertujuan untuk belajar menanan sayuran dengan metode Hiroponik, “pungkasnya.

Terbukti pada saat panen tersebut berbagai sayuran yang ditanam dengan media hidroponik ternyata bisa tumbuh subur dan tentunya sayuran tersebut lebih sehat dan segar karena merupakan sayuran organik. Dandim Demak bersemangat untuk berbudidaya menggunakan media Hidroponik, karena cara budidaya yang simpel dan tidak memakan tempat sebagai medianya dan mengucapkan terimakasih atas kehadiran Babinsa yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan suport demi kelangsungan usaha budidaya media hidroponik tersebut.

Hasil panen juga dibagikan kepada warga di sekitar lingkungan Kodim. “Pemanfaatan lahan sempit untuk bercocok tanam secara hidroponik, sebagai upaya ikut menyukseskan swasembada pangan,” kata Dandim 0716/ Demak Letkol Arh M.Ufiz.

Reporter: Ershad
Editor/Publisher: Arta

REKOMENDASI UNTUK ANDA