oleh

BPNT Desa Ketangirejo Kecamatan Godong Hari Ini Dibagikan, KPM: Selama Ini Tidak Ada Keluhan

GROBOGAN, Bratapos.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes Sumber Rejo) Ketangirejo Kecamatan Godong yang menjadi suplier program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Hari ini Selasa6/4/2021 mulai membagikan bantuan tersebut melalui Agennya.

Dalam pembagian itu, struktural pemerintah desa tidak dilibatkan karena tanggung jawab sudah diserahkan kepada BUMDes.

Pembagian BPNT berjalan lancar dan baik, dalam pantauan awak media beberapa warga yang sedang mengambil bantuan terlihat antusias semangat dan senang.

Ketua BUMDes Ketangirejo Heru Gunawan mengatakan, “Bantuan disalurkan mulai hari ini kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan BUMDes hanya menjadi suplier sementara yang menjadi pengelola tetap adalah agen (E-warung). Heru berharap apa yang diberikan bisa menjadi manfaat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut,” untuk pembagian di tahun ini (2021) sudah empat kali ini. Bulan maret dan april dibagikan mulai hari ini, untuk penerima ada 156 KPM untuk tahap ke2 (Keluarga Penerima Manfaat),” terang Heru.

Selain itu heru juga menyampaikan bilamana ada komoditas yang tidak layak/kurang bagus segera dikembalikan ke E Warung agar segera diganti karena apapun juga KPM harus menolak jika mendapatkan barang yang tidak bagus.

Prayitno agen BPNT (E-Warung) saat ditanya awak media mengenai pembagian BPNT dia mengatakan, “awalnya saya mandiri kemudian setelah muncul BUMDes kami bekerja sama, selama pembagian BPNT ini tidak ada keluhan dari KPM karena sebelum dibagikan dicek terlebih dulu. Pesan saya ke BUMDes agar BPNT ini selalu dirubah misalnya buah saat ini buah pir besok dirubah apel, kalau bisa jangan jeruk karena kalau jeruk banyak yang rusak, meskipun Bumdes juga berfariasi untuk jenis buah kadang paer, apel, salak, jeruk” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama warga penerima BPNT mengatakan,” selama saya menerima bantuan ini tidak ada keluhan, berasnya selalu bagus layak konsumsi, telornya juga bagus, begitupula buah buahannya dan lain lain semua bagus. Harapan saya agar lebih bagus lagi,” harap Tutut warga Dusun Trongso Rt 5 Rw 1 ini.

Tidak berhenti sampai disitu, warga penerima lainnyapun mengatakan bahwa selama menerima BPNT berupa bahan pokok tidak pernah mengecewakan dan selalu bagus layak konsumsi, Sulastri salah satu warga yang tinggal di Dusun Glonggong Rt 5 Rw 6 ini merasa senang dengan bantuan tersebut. Dirinya bersyukur BPNT yang diterimanya bisa dimanfaatkan untuk membantu kebutuhannya.

“BPNT yang saya terima selalu bagus, ini saya dapat beras 33kg, telur 2kg, buah pir 1kg, tempe dan tahu cripsy sebungkus plastik, saya berharap kedepannya lebih bagus lagi,” ujar Sulastri penerima BPNT.

Diwaktu yang bersamaan Babinsa Desa Ketangirejo yang mengawal pembagian BPNT tersebut mengatakan, “Selama ini tidak ada kendala dalam pembagian BPNT dan yang dibagikanpun selalu bagus tidak pernah mengecewakan. Terkait pembagian BPNT sebelumnya ada kendala satu orang KPM mengenai beras yang mana e-warung memberikan 35kg tapi kenyataan dilapangan mendapatkan 15 kg dan 10 kg total 25 kg dan itu sudah saya kroscek kebenarannya, dan sudah selesai dengan penggantian beras yang sesuai yang di distribusikan, karena E Warung memberikan 35 kg tetapi sampai di KPM menjadi 15kg hal inilah yang sempat menjadi rame dan karena sigap Ketua Bumdes yang mempertemukan pihak pihak terkait juga Pemerintah Desa akhirnya semua terselesaikan dan sudah selesai,” terangnya.

Babinsa menambahkan,” Imbauan saya selaku Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” Kalau memang ada warga penerima yang merasa kurang berkenan dalam pemberian BPNT tidak layak atau kurang bagus bisa langsung disampaikan ke E Warung ataopun BUMDes untuk diganti, jangan sampai menyebarkan informasi yang justru malah membuat keruh keadaan,”terang Bhabinsa Desa Ketangirejo Sertu Abdul Rohman.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Desa Ketangirejo, Bripka Joko memberikan masukan kepada BUMDes agar lebih jeli dan teliti lagi kedepannya. Untuk BPNT ini baiknya diberi label kemasannya berupa informasi, apa saja yang dibagikan dan berapa jumlahnya, itu perlu guna mengantisipasi masalah, “terang Bripka Joko, Bhabinkamtibmas Desa Ketangirejo ini.

Reporter: AA

REKOMENDASI UNTUK ANDA