oleh

Miriss..!! Diduga PT. SB “Sulap Jalan”, Warga Yang Melintas Sakit Perut

SITUBONDO, Bratapos.com- Sepanjang jalan penghubung antara beberapa Desa, khususnya diwilayah Kelurahan Ardirejo Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo menuju kota, sepertinya menjadi bahan guncingan dan keluhan warga masyarakat dan juga pengguna jalan yang melintas. Pasalnya kondisi jalan yang semula mulus kini rusak bergelombang penuh dengan lubang. Jum’at, (05/03/2021).

Jalan penghubung yang merupakan akses jalan utama bagi warga masyarakat yang melintas di wilayah tersebut, kini membuat para pengguna jalan harus melenggak lenggok bak penari ular. Mengapa tidak, karena pengendara yang melintas dijalan tersebut harus ekstra hati-hati karena menghindari lubang.

Hal tersebut menurut warga & pengguna jalan juga tokoh masyarakat mengatakan, bahwa penyebab utama rusaknya jalan tersebut adalah pabrik aspal PT. Sinar Bali Binakarya (SB).

“Baru kali ini mas, saya melihat ada truck besar milik aspal muat beton kejebak jalan berlubang tidak bisa maju tak bisa mundur bannya masuk lubang, aneh, pabrik aspal kok bisa kejebak di jalan aspal,”Kata warga yang enggan namanya dimediakan.

Pihaknya juga mengatakan bahwa bukan cuma itu saja, melainkan kejadian serupa mobil terjebak lubang juga pernah terjadi.

“Bukan kali ini saja truck aspal ambles ditengah jalan beraspal mas, kapan hari sekitar tanggal 16 Februari juga ada dum truck muatan material batu ambles juga, ini apa karena jalannya atau muatannya yang melebihi ukuran ya mas,”ungkapnya dengan mimik wajah kesal.

Bahkan ada juga warga yang lain inisial “TN” mengaku sangat sedih atas kondisi jalan rusak, dirinya mengatakan sangat mengganggu kenyamanan berkendara dan membahayakan keselamatan pengguna jalan lain, khususnya pemotor.

“Prihatin pak melihatnya, setiap kali saya lewat sini bawa motor extra hati hati takut celaka, perut saya sering sakit jalannya gak karu karuan (amburadul), kalau apes jatuh siapa yang mau tanggung jawab, gak mungkin perusahaan aspal yang tanggung jawab, saya mohon pada yang berwenang untuk mengawasi serta menindak jika ada pelanggaran disini,”Ungkapnya.

Sementara Kasat Lantas Polres Situbondo AKP. Indah Citra Fitriani S.I.K., ketika awak media menghubungi melalui Handphone selulernya mengatakan, atas dugaan truck besar yang beroperasi dan melintas milik PT. Aspal, pihak Polres sudah melakukan tindakan dan juga langkah langkah tegas terhadap perusahaan tersebut.

“Kita sudah melakukan upaya upaya menghimbau pihak di lokasi agar mereka tertib Lalin, terutama tentang kendaraan dan bobot muatan, dan akan kami lakukan penindakan jika kedapatan ada kendaraan yang tidak memenuhi aturan,”tegas Indah sapaan akrab Kasat Lantas Polres Situbondo, Kamis, (04/03/2021).

AKP Indah menambahkan, bahwa tentang kerusakan jalan diwilayah tersebut, dirinya sudah menyampaikan kepada PUPR dan pabrik agar segera mengambil langkah andil memikirkan solusinya jangan sampai kerusakan jalan jadi penyebab terjadinya kecelakaan, AKP Indah juga berharap, jika Masyarakat ada yang melihat kendaraan besar bermuatan lebih, bisa melaporkan untuk ditindak.

Sementara Manajer Area PT.Aspal Arya Gede ketika dihubungi, pihaknya berjanji akan telfon balik, namun sampai berita ini dimuat jangankan telfon bahkan di telfon baik Wa dan selulernya sudah tidak aktif lagi.

Seperti dikutip dari beberapa media yang pernah memberitakan manajer PT. Aspal selalu menyebutkan, bahwa pengaspalan yang dilakukan oleh pelaksana proyek sebelumnya tidak memenuhi kriteria dan spesifikasi yang benar sesuai SOP pengaspalan. Bahkan hal itu pun sudah disampaikan saat hearing dengan DPRD Situbondo yang saat itu dihadiri oleh dinas PUPR, jika benar apa yang disampaikan oleh Gede Arya, apakah kesalahan ada di Dinas PUPR sehingga jalan yang dimaksud cepat rusak..!??

Reporter: Afree

Editor/Publisher: Shelor

REKOMENDASI UNTUK ANDA