oleh

Bupati Grobogan Peringati Hari Jadi Grobogan ke-295 di Masa Pandemi Dilakukan Sederhana

GROBOGAN, Bratapos.com – Hari jadi Grobogan merupakan sejarah turun temurun di Grobogan, untuk itu tradisi boyong Grobogan digelar sederhana saat pandemi. Tradisi Boyong Grobogan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Grobogan ke-295 digelar sederhana di tengah pandemi Covid-19. Sejumlah pusaka diarak mulai dari depan Pendopo Kabupaten Grobogan, Rabu (3/3/2021) pagi. 

Pelaksanaan tradisi boyong Grobog, diawali dari depan pintu gerbang Kabupaten Grobogan. Sebelum diarak, Bupati Grobogan Sri Sumarni menjemput sejumlah pusaka yang masih tersimpan di Kantor Balai Desa Grobogan. Perlu diketahui, Kantor Balai Desa Grobogan merupakan cikal bakal berdirinya Kota Grobogan pada era kepemimpinan Pangeran Puger Pertama. 

Setelah menerima beberapa pusaka, seperti bendera, keris dan kotak grobog, Bupati membawanya menuju Pendopo Kabupaten Grobogan dengan menggunakan iring-iringan mobil.

“Tradisi ini tetap dilaksanakan meski di tengah masa pandemi, namun tidak diperbolehkan menimbulkan kerumunan,” kata Sri Sumarni, Bupati Grobogan. 

Pihaknya tidak berani meninggalkan adat yang sudah menjadi tradisi leluhur turun temurun. Meski tetap dilaksanakan, namun rangkaian prosesi banyak yang dikurangi untuk menghindari terjadinya kerumunan.
Seperti penampilan budaya lokal di masing-masing desa dan arak-arakan gunungan tidak diikutsertakan. Selain menghormati para leluhur, tradisi ini juga untuk memperkenalkan kepada publik sebagai destinasi wisata dan budaya lokal yang masih lestari. 

Ketika sampai di Pendopo Kabupaten Grobogan, seluruh pusaka kemudian diserahkan untuk disimpan kembali. Prosesor ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati yang diserahkan kepada Sekda Grobogan. “Bupati Grobogan di Hari Jadi Grobogan ke-295 berharap Grobogan semakin maju dan hebat, dan masyarakatnya gemah Ripah loh jinawi pertanian maju pembangunan bertambah, mengajak masyarakat menjaga melestarikan adat Jawa dikabuoaten Grobogan. “Pungkasnya.

Reporter: Arifin
Editor: Arta

REKOMENDASI UNTUK ANDA