oleh

Dandangan Kudus Belum Pasti di Gelar Tahun Ini

KUDUS, Bratapos.com – Pemkab Kudus belum memastikan akan digelarnya Dandangan pada tahun ini. Dandangan yang menjadi tradisi menyambut Ramadhan.

Meski demikian, memberi peluang tradisi itu digelar tahun ini. Namun pemerintah setempat memberi syarat. Yakni jika semua wilayah di Kota Kretek sudah zona hijau semua.

Tradisi Dandangan biasa digelar di sepanjang Jalan Sunan Kudus, beberapa pekan sebelum Ramadan. Dalam tradisi ini ada ratusan pedagang yang meramaikan.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, pihaknya masih melakukan kajian dan mengevaluasi apakah nantinya tradisi itu akan diselenggarakan ataupun tidak. “Kami akan evaluasi lagi, seperti apa kondisinya nanti, “katanya, Rabu (3/3/2021).

Ketika nanti kondisinya zonasi Covid-19 di Kabupaten Kudus belum keseluruhan berada di zona hijau kemungkinan tradisi dandangan akan kembali ditiadakan seperti tahun sebelumnya.

Namun, jika Kudus sudah seluruhnya pada zona hijau juga tidak menutup kemungkinan tradisi dandangan akan ada. Selagi masih ada zona kuning dan oranye di Kudus ini mungkin kami tidak akan mengagendakan itu (Dandangan). Jadi harus full hijau, nanti akan kami koordinasikan dengan Dinas Perdagangan,” ujarnya.

Saat ini, lanjut dia di Kabupaten Kudus sudah 50 persen lebih wilayah yang sudah pada zona hijau. Sementara sisanya, zona oranye dan zona kuning.

“Separuh lebih wilayah sudah zona hijau, sisanya oranye dan kuning,” ucapnya.

Reporter: Aditya
Editor: Arta
Publisher: Arifin

REKOMENDASI UNTUK ANDA