oleh

Angin Puting Beliung Numpang Lewat, Puluhan Atap Rumah Warga di Lumajang Amblas

LUMAJANG, Bratapos.com- Tepatnya Selasa 26 Januari 2021 sekira pukul:13.00 Wib, angin puting beliung dengan disertai hujan yang cukup deras telah memporak porandakan puluhan rumah warga di tiga Desa wilayah Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa timur.

Menurut keterangan Samut, salah satu anggota SKD setempat saat dikonfirmasi Bratapos mengatakan, bahwa kejadian bencana itu awalnya turun hujan dengan potensi cukup deras, kemudian datang angin kencang.

“Awalnya hujan deras mas, setelah itu tiba tiba datang angin sangat kencang, banyak rumah warga atapnya hilang, pohon duren pohon kelapa, sengon banyak yang tumbang mas,”terang Samut kepada Bratapos.com, Selasa (26/1/2021).

Samut juga mengatakan, bahwa saat angin memporak porandakan atap rumah, warga banyak yang berhamburan keluar dan berkumpul menyelamatkan diri di jalan.

“Tadi semua warga panik keluar rumah menyelamatkan diri mas, apa lagi melihat atap rumah warga yang terbuat dari asbes beterbangan,”Tambahnya.

Kencangnya angin puting beliung yang menerpa wilayah Kecamatan Pasrujambe kurang lebih selama 20 menit, biarpun tak sampai memakan korban jiwa, namun mengakibatkan rumah warga di tiga desa banyak yang rusak. tiga desa diantaranya, Desa Pasrujambe, dan Desa Jambearum juga Desa Kertosari.

Sedangkan untuk sementara keterangan rumah warga yang mengalami kerusakan dan pohon tumbang terdapat di tiga Dusun dengan rincian sebagai berikut: Desa Pasrujambe Dusun Pasrepan: ada 41 rumah, Desa Jambearum Dusun Dadapan, ada 22 rumah + Mushola 1. Desa kertosari Dusun Dadapan ada 6 rumah dan di Dusun Krajan juga ada 9 rumah.

Dari hasil pendataan sementara kerusakan dari tiga desa tersebut diperkiraan total mencapai Rp.500. 000.000. Dan informasi yang telah diterima Bratapos.com, bahwa saat ini kebutuhan yang sangat diperlukan adalah terpal untuk warga, karena dalam insiden tersebut korban utamanya adalah banyaknya rumah warga yang atapnya rusak, bahkan ada juga yang tidak ada sama sekali atap rumah nya,”Pungkasnya.

Reporter: Bratapos (Tim).

Editor/Publisher: Shelor

REKOMENDASI UNTUK ANDA