oleh

Balap Liar Dihentikan Polres Grobogan

GROBOGAN, Bratapos.com – Puluhan anak usia remaja terlihat memenuhi Jalan R. Soeprapto, Purwodadi, Minggu (17/1/2021) dinihari. Ada sebagian yang duduk di trotoar jalur tersebut. Beberapa diantaranya tengah bersiap berada di atas sepeda motor hendak memacukan gas kendaraannya.

Para remaja yang tengah menonton maupun melakukan aksi balap liar tersebut tidak mengetahui jika ada petugas Gabungan dari Polres Grobogan yang bersiap menghentikan kegiatan mereka. Benar saja, baru setengah acara balap liar tersebut, petugas datang dan menghentikan kegiatan mereka.

Beberapa diantara mereka hendak kabur. Namun, kesigapan petugas akhirnya dapat mengamankan para remaja yang melakukan aksi balap liar ini.

Kabag Ops Kompol Sutomo membenarkan adanya kegiatan balap liar yang dilakukan puluhan remaja tersebut. Sebanyak 30 remaja yang berhasil ditangkap langsung diamankan ke Mapolres Grobogan. Selain itu, 26 unit kendaraan yang ditemukan di areal balap liar juga ikut diamankan.

“Kami mendapatkan informasi dari masyarakat sekitar bahwa setiap weekend, kerap terjadi aksi ‘trek-trekan’ atau balap liar yang di wilayah Kota Purwodadi. Mereka merasa risih karena suara dari knalpot yang membuat bising. Oieh karena itu, pada saat kami melakukan patroli rutin dini hari, kami melihat aksi balap liar tersebut dan langsung kami amankan,” jelas Kompol Sutomo.

Usai diamankan, mereka diminta berjalan sambil mendorong sepeda motornya ke Mapolres Grobogan. Setelah itu, mereka mendapatkan pembinaan dari petugas. Hal ini dilakukan sebagai efek jera bagi para remaja ini.

“Situasi pandemi Covid-19 belum berakhir. Maka dari itu, mereka kami bina agar mematuhi peraturan pemerintah untuk tetap mentaati protokol kesehatan dan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Tetap mentaati peraturan lalu lintas dan tidak lagi melakukan balap liar. Anak-anak muda adalah generasi bangsa, maka kami imbau agar mereka juga melakukan kegiatan positif agar dapat memberikan kontribusi yang baik. Salah satunya tidak melakukan aksi balap liar seperti ini lagi,” imbau Kabag Ops, Minggu (17/1).

Reporter: Arief
Editor: Arta

REKOMENDASI UNTUK ANDA