oleh

Cipta Kondisi Dalam Rangka Ops Yustisi, Tim Gabungan Lakukan Patroli

Tanjung Balai, Bratapos.com – Pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2021 pukul 21.30 Wib, telah dilaksanakan giat Ops Yustisi dalam rangka himbauan dan pendisiplinan adaptasi kebiasaan baru di tengah masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19 serta Cipta Kondisi terhadap Objek Vital diwilayah Kota Tanjungbalai.

Adapun kegiatan dilakukan berdasarkan atas surat perintah Kapolres Tanjungbalai Nomor : Sprin/35/I/PAM.3./2021 tanggal 13 Januari 2021.

Dalam giat yang dilakukan tersebut langsung dipimpin Pawas AKP N. Manurung, SH selaku (Kasat Sabhara) dan didampingi serta diikuti oleh Padal I Iptu Khairul Bahar (Kanit Laka Sat Lantas Polres Tanjungbalai), Padal II Ipda H.A.Karo Karo (Kanit Reskrim Kecamatan Datuk Bandar Polres Tanjungbalai), Personil Polres Tanjungbalai 30 orang, Personil TNI AD 2 orang, Personil TNI AL 2 orang, Personil BPBD 3 orang, Personil SATPOL PP 2 orang dan Personil Dishub 3 orang.

Sebelum patroli dilakukan terlebih dahulu giat di awali dengan pelaksanaan Apel yang di pimpin oleh Pawas AKP N. Manurung, SH (Kasat Sabhara), yang dalam arahanya menyampaikan “Ucapan terimakasih kepada rekan rekan dari satuan samping yang sudah hadir pada malam hari ini”.

Kasat juga memberi “Ucapan terima kasih kepada personil Polres Tanjungbalai atas kehadirannya untuk laksanakan kegiatan Ops Yustisi pada hari ini”.

Tambah nya lagi, “Tujuan kegiatan ini dilakukan yaitu untuk mendisiplinkan masyarakat Kota Tanjungbalai agar dapat mematuhi protokol kesehatan Covid 19 di tempat tempat keramaian dan tempat berkunjungnya masyarakat dengan menerapkan Pola 4 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menjauhi Kerumunan)”.

Namun Kasat juga menjelaskan kepada awak media saat dikonfirmasi diruangan nya dengan mengatakan bahwa, “Dalam pelaksanaan tugas yang dilakukan, Tim harus mengutamakan keselamatan dan tetap kompak dalam memberikan himbauan, serta hindari kata kata yang sifatnya arogan”.

“Dan pada saat pelaksanaan kegiatan harus dengan Humanis dengan cara 3 S (Senyum, sapa dan salam)”.

“Kemudian dari pada itu dalam giat Ops Yustisi diterapkan teguran kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid 19, diantaranya memberi himbauan dan teguran bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker, memberikan himbauan dan teguran kepada masyarakat yang tidak menerapkan Physical Distancing (Jaga Jarak), memberikan himbauan dan teguran kepada pengusahan atau pemilik toko yang tidak menyediakan Wastafel dan sabun cuci tangan”.

“Selanjutnya melakukan pemantauan terhadap kapasitas jumlah pengunjung di Cafe, Rumah makan, warung, Super market, tempat hiburan, warnet dan tempat keramaian lainnya”.

“Adapun sasaran lokasi giat dilakukan yaitu di
Bundaran PLN dengan sasaran masyarakat pengguna jalan dan pelanggan jajanan kaki 5, Rumah Makan Cita Rasa Kota Tanjungbalai, Kantor BAWASLU Kota Tanjungbalai, Kantor KPU Kota Tanjungbalai dan Gudang Logistik Kota Tanjungbalai”.

Kendati sedemikian giat patroli gabungan juga menggunakan kendaraan bermotor seperti 1 unit Mobil Patroli Sat Sabhara Polres Tanjungbalai 2, unit Mobil Patroli Sat Lantas Polres Tanjungbalai, 1 Unit Mobil BPBD Pemko Tanjungbalai, 1 unit Mobil Propos Polres Tanjungbalai dan 1 unit mobil Lanal TBA.

Setelah giat berakhir pada pukul 22.15 Wib dengan situasi aman damai dan kondusif.

Reporter : Irwansyah

Publisher : dimas

REKOMENDASI UNTUK ANDA