oleh

Eks Kapolsek Binjai, Diduga Kuat Gelapkan 3 Kendaraan Bermotor Hasil Tangkapan

Foto : Prosesi Sertijab RTG, di Kantor Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Soetardjo. (6/1/2021)

Bratapos, Sumut – Oknum Anggota Polri pangkat AKP berinisial RTG diduga keras telah melakukan penggelapan terhadap sejumlah barang bukti hasil operasi.

Barang bukti berupa 1 unit mobil Avanza dan 2 unit sepeda motor Yamaha Nmax tersebut di gelapkan saat dirinya masih menjabat sebagai Kapolsek Binjai di wilayah hukum Polres Kota Binjai.

Diketahui RTG kini sudah dimutasikan menjadi Kasat Intelkam Polres Batubara sejak 6 Januari lalu.

Informasi tersebut diperoleh dari seorang anggota Polisi yang tidak ingin namanya disebutkan. Menurutnya 1 unit Mobil Avanza dan 1 unit Nmax tersebut merupakan barang bukti hasil operasi yang dilakukan oleh Satres Polsek Binjai terhadap sindikat penjual kendaraan bodong, di dua lokasi berbeda. Sedangkan 1 unit Nmax lainnya diperoleh saat melakukan pengrebekan, dan ditinggalkan oleh pemiliknya.

Advokat, praktisi hukum sekaligus Direktur Government Againts Corruption Discrimination (GACD), Andar Situmorang menilai perbuatan RTG merupakan kejahatan dan menyalahi wewenang atas jabatan, dan jika terbukti maka jelas akan menciderai institusi Polri dan menambah citra buruk Dimata rakyat.

“Itu penggelapan atau kejahatan jabatan, pasal 421 KUHP, jelas perbuatan itu akan menciderai institusi Polri di mata masyarakat,” tegas Andar.

Apalagi kemarin, lanjut Andar, “saya mendengar Kapoldasu Inspektur Jenderal Polisi Martuani Sormin secara tegas memerintahkan Kabid Propam untuk menindak tegas anggotanya jika kedapatan menyalahi aturan, PDTH, PDTH, perintah nya ke Kabid Propam,” beber Andar Situmorang.

Untuk itu, Dirinya meminta ketegasan Propam Poldasu, untuk segera menyelidiki dan menindak eks Kapolsek Binjai tersebut.

“Propam, segera bertindak, lakukan sesuai regulasi dan arahan Irjen Martuani,” tegasnya.

Hingga berita ini diterbitkan,  RTG saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp belum juga memberikan tanggapannya. (Team Sumut)

REKOMENDASI UNTUK ANDA