oleh

Wabup Sumedang Beserta Jajaran Kunker Ke Klaten, Tertarik Pengelolaan Bumdes

Last updated: Kamis, 3 Desember 2020, 17:02 WIB

KLATEN, Bratapos.com – Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan Beserta Sekda Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman mengunjungi Kabupaten Klaten, dan tertarik dengan pengelolaan BUMDes Tirta Mandiri, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo-Klaten.

Dalam kunjungan kerja ini, Wabup dan Sekda Sumedang itu didampingi sejumlah pejabat Pemkab Sumedang, serta akan meniru tentang studi tata kelola pertanian, pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD), obyek wisata, dan tata kelola BUMDes Desa Ponggok.

Kunjungan kerja Wabup Sumedang beserta jajarannya, diterima oleh Pjs Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko didampingi Sekda Kabupaten Klaten, Jaka Sawaldi, para Asisten Sekda, dan Kepala OPD terkait.

Wabup Sumedang, Erwan Setiawan menuturkan, Kami tertarik pada pengembangan sektor pariwisata di Klaten, terdapat salah satu wisata yang sangat terkenal di Klaten, yaitu Umbul Ponggok, salah satu desa terkaya di indonesia, berkat memanfaatkan potensi wisata air dengan maksimal, bahkan menjadi 10 desa wisata terbaik versi Kementerian Desa”, tutur Erwan Setiawan.

Erwan menambahkan, Kabupaten Sumedang juga memiliki banyak potensi wisata, termasuk wisata alam. Seperti halnya Klaten, nantinya Sumedang pun akan dilintasi adanya Jalan Tol dan memiliki sejumlah exit tol yang diharapkan akan mendongkrak pariwisata Kabupaten Sumedang.

“Industri pariwisata mampu mendongkrak daerah tersebut, dari keterbelakangan dan menjadikannya sebagai sumber pendapatan, kami ini banyak potensi wisatanya tapi belum terkelola dengan baik, salah satunya contohnya kami mempunyai air panas”, tambah Wabup Sumedang itu.

Selain itu, Wabup Sumedang mengungkapkan kunjungan kerja tersebut, bertujuan untuk mendapatkan informasi, ilmu, wawasan dan kerjasama dalam membangun pariwisata dan agroindustri, serta pemberdayaan masyarkatnya dalam upaya peningkatan ekonomi.

Sementara itu, PJS Bupati Klaten, Sujarwanto menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Klaten menaruh perhatian serius terhadap pengembangan BUMDes di Klaten. Dengan adanya BUMDes di desa-desa, diharapkan dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sujarwanto mencontohkan, adanya BUMDes Ponggok ini mampu menjadi desa wisata yang dikelola dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Pengembangan wisata air oleh Desa Ponggok, bahkan pendapatan barangkali sangat mengejutkan bagi kita semua, sudah menghasilkan pertahun di atas 10 miliar itu satu desa, maka satu desa itu berubah menjadi desa wisata yang baik dan itu tidak sendirian, BUMDes lain yang (konsepnya) seperti itu banyak, sekarang mulai tumbuh di desa-desa lain dan semuanya laku, bahkan kemanfaatannya sangat tinggi bagi masyarakat.

Data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Klaten, menunjukan dari 391 desa yang ada di Klaten, sebanyak 357 diantaranya sudah memiliki BUMDes.” ungkap Sujarwanto.

Reporter : Purwanto
Editor : Arta
Publisher: Ariefin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

REKOMENDASI UNTUK ANDA