oleh

Gelar Sidang BP4R Secara Virtual Oleh Polres Grobogan

GROBOGAN, Bratapos.com – Guna meminimalisasi penyebaran virus corona dan melaksanakan instruksi Kapolri, Polres Grobogan melaksanakan sidang BP4R (Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian dan Rujuk) 9 anggotanya secara online.

Biasanya, sidang BP4R ini pasangan harus hadir dalam persidangan disaksikan oleh kedua orangtua dari masing-masing calon. Wakapolres Kompol Prayudha Widiatmoko mengatakan pada saat ini, ada Sembilan anggotanya menjalani sidang pranikah dari Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4R). Sidang BP4R adalah untuk pemberian izin nikah pada anggota Polri yang akan melaksanakan pernikahan.

“Sidang BP4R ini wajib dilaksanakan bagi seluruh personel Polri beserta calon pasangannya yang akan melangsungkan pernikahan karena merupakan syarat yang harus dipenuhi. Namun kali ini kita laksanakan secara online menggunakan Zoom Meeting,” kata Kompol Prayudha, Kamis (03/12/20).

Menurut Wakapolres, sidang pranikah itu dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota Polri dan pasangan wanitanya untuk melakukan pernikahan. Sidang ini untuk pemberian izin nikah dari pimpinan kepada setiap anggota Polri yang akan melaksanakan pernikahan, untuk kelengkapan berkas pengajuan pernikahan di KUA,” ujarnya.

Kompol Prayudha Widiatmoko mengungkapkan pada sidang BP4R kali ini, pihaknya hanya menghadirkan team BP4R, sedangkan calon mempelai dan kedua orangtuanya masing-masing tetap berada di rumah. Ini juga bagian dari pencegahan kumpulan massa, guna mencegah penyebaran virus corona.

“Agar orangtua mengetahui dan memberikan persetujuan kepada putra dan putrinya yang akan melaksanakan pernikahan dengan pasangannya masing-masing. Apakah betul mereka anaknya, apakah mereka sudah menikah atau belum,” ungkapnya.

Wakapolres menambahkan dalam proses sidang ini para calon suami istri di berikan nasihat, pembinaan dan pegertian tentang harus saling menghargai dalam membina keluarga dan juga sebagai istri nantinya harus mendukung tugas-tugas suami.

“Biar mereka menikah, untuk resepsinya bisa ditunda terkait virus corona ini,” tambahnya.

Reporter: Arief
Editor/Publisher: Arta

REKOMENDASI UNTUK ANDA