oleh

Perketat Penjagaan Gudang KPU dan Pelipatan Suara Oleh Polres Grobogan

Last updated: Senin, 23 November 2020, 07:45 WIB

GROBOGAN, Bratapos.com – Untuk antisipasi gangguan Kamtibmas serta memastikan pelaksanaan kegiatan pelipatan dan persortiran surat suara Pilkada 2020 Kabupaten Grobogan berjalan sesuai dengan protokol kesehatan, Polres Grobogan Polda Jawa Tengah melakukan pengamanan dan pemantauan di tempat pelipatan surat suara Pilkada di Gedung Wisuda Budaya Jl. R Suprapto Purwodadi.

Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan mengungkapkan bahwa penjagaan di Gudang KPU, kantor KPU dan kantor Bawaslu serta di tempat pelipatan surat suara diperketat dengan tujuan utama untuk menjaga keamanan dan kelancaran tahapan Pilkada 2020, hingga sampai tahapan paling akhir.

“Pengamanan dilakukan selama 1 x 24 jam, selain itu juga ada tim patroli yang menyambangi rutin setiap waktu,” ungkap AKBP Jury Leonard Siahaan, Minggu (22/11/2020).

Terkait teknis pengamanannya, Kabag Ops Kompo Sutomo mengatakan bahwa Polri sebagai institusi pengamanan bersinergi dengan Bawaslu yang bertugas mengawasi kegiatan penyelengaraan Pilkada 2020. Pengamanan tersebut akan dilakukan baik di dalam maupun diluar lokasi gudang untuk antisipasi kejadian yang tidak diinginkan.

“Ada personil baju preman di dalam yang mantau proses pelipatan surat suara, dan selebihnya berjaga di luar gedung. Saya perintahkan setiap dua jam personil jaga gudang KPU harus laporan situasi melalui pesawat HT agar selalu terpantau pimpinan,” kata Kabag Ops.

Lebih lanjut Kompo Sutomo menambahkan bahwa pengamanan Pilkada 2020 tahun ini berbeda dengan Pilkada tahun sebelumnya, dimana dalam pengamanan juga memperhatikan protokol kesehatan, karena Pilkada digelar dalam pandemi Covid-19. “Selain memastikan keamanan, petugas juga memastikan bahwa pelaksanaan Pilkada 2020 menerapkan disiplin protokol kesehatan, sehingga kegiatan berjalan aman dan bebas dari Covid-19,” tambah Kabag Ops.

Masih kata Kompol Sutomo, tak bosan dirinya berpesan kepada anggota agar selalu mengingatkan kepada masyarakat agar selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan, salah satunya adalah dengan membiasakan 4 M, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker serta menghindari kerumunan.

Reporter: Arief
Editor: Arta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

REKOMENDASI UNTUK ANDA