oleh

Kapolres Lumajang: Kawanan Pelaku Ini Adalah Spesialis Curwan di Lumajang

LUMAJANG, Bratapos.com- Tepatnya Rabu, 11 November 2020 siang, Kapolres Lumajang menggelar Konferensi Pers, dan mengungkap sekaligus dua kasus tindak pidana kejahatan pencurian hewan (Curwan) dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), yang bertempatkan di Loby Mapolres Lumajang, Jawa timur. Rabu, (11/11/2020).

Kapolres Lumajang, AKBP. Dedy Foury Millewa, SH. S.I.K. M.I.K., mengatakan, jika beberapa pelaku yang berhasil diringkus oleh anggotanya, adalah spesialis pelaku Curwan.

“Kawanan yang berhasil diamankan ini adalah spesialis pelaku pencurian hewan di Lumajang,”Ujarnya.

Lebih jauhnya Kapolres menambahkan, bahwa modus operandi dalam melakukan aksinya, kawanan pelaku membawa kabur hewan hasil curiannya, melalui jalan areal persawahan. Namun pepatah mengatakan sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga. Dimana anggotanya telah melakukan penelusuran jejak para pelaku hingga masuk ke pelosok Desa dan berhasil meringkus beberapa pelaku.

“Kawanan pelaku ini, membawa sapi curiannya lewat persawahan, dan aksinya berhasil terdeteksi, kemudian dua dari empat pelaku berinisial “ASA” dan inisial “B” berhasil kita amankan,”Tambah AKBP. Deddy Foury Millewa Kapolres Lumajang.

Selain itu pihaknya juga menjelaskan, bahwa hasil penyelidikan dari anggota jajarannya tim kuro Polsek Tekung Polres Lumajang, yang di bantu warga pada Rabu, 11 November 2020, sekira Pukul: 04. 00 Wib, telah mengungkap kasus tindak pidana pencurian hewan sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 365 KUHP.

“Hasil Penyelidikan pelaku berjumlah empat (4) orang, dan yang tertangkap dua (2) orang, keduanya ditangkap ditempat yang berbeda, inisial ‘B’ ditangkap di Desa Kabuaran Kecamatan Kunir, Lumajang dan “ASA” di Desa Karang Bendo Kecamatan Tekung Lumajang, dua pelaku lainnya masih dalam pengejaran, dan ldentitasnya sudah dikantongi petugas,”Ucap Kapolres Lagi.

Dalam penangkapan kedua pelaku petugas berhasil diamankan beberapa barang bukti (Barbuk), dua hewan sapi dan dua unit sepeda motor yang diduga kuat hasil pencurian di Desa Kelampok Arum Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang.

Sedangkan tertangkapnya kedua pelaku ini Kepala Desa (Kades) Tekung, Slamet mengatakan, bahwa dirinya berharap atas tertangkapnya kedua pelaku tersebut bisa menjadi awal yang baik untuk kedepannya.

“Kami beserta seluruh warga Tekung juga mewakili (AKD) berterima kasih kepada pak Kapolres dan Pak Kapolsek Tekung beserta anggotanya, atas partisipasinya yang sigap dapat menangkap pencurian hewan yang mungkin selama ini sudah meresahkan warga Masyarakat Lumajang, dan semoga dengan tertangkapnya pelaku ini dapat dikembangkan lagi,”Pungkasnya.

Reporter: Nip/Bratapos (Tim)

Editor/Publiser: Shelor

REKOMENDASI UNTUK ANDA