oleh

Bupati Nagan Raya Bantu Petani Dalam Panen Perdana

Last updated: Sabtu, 31 Oktober 2020, 13:14 WIB

Suka Makmue, bratapos.com-Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham,SE, melakukan panen perdana padi musim tanam gadu tahun 2020, kegiatan tersebut berlangsung di Gampong Meunasah Krueng, Kecamatan Beutong, Rabu 28 oktober 2020.

Dalam kegiatan panen perdana tersebut, dihadiri unsur Forkopimda, Plt Sekda Ir.H.Ardimartha, Ketua TP PKK Hj.Marwati, Anggota DPRK Nagan Raya, para SKPK Lingkup Pemkab Nagan Raya,Muspika Beutong, serta para undangan terkait lainnya.

Kepala Distannak Nagan Raya M.Nasir.SP dalam laporan nya menyebutkan, tujuan dilakukan panen perdana tersebut,untuk mewujudkan serta kesejahteraan petani dalam rangka menjaga ketahanan pangan masa pandemi Covid 19.

“Untuk masa tanam tahun 2020 hasil pertanian di Kabupaten tersebut meningkat tajam. Dalam satu Hektar lahan sawah,dapat mencapai hasil gabah 6,5 Ton dan ini merupakan hasil yang dicapai sangat tinggi, sehingga Kabupaten Nagan Raya yang kita cintai ini dapat kembali dijuluki sebagai daerah penghasil lumbung pangan Aceh dan bahkan Nasional,”ujarnya.

Selain itu, menurut M. Nasir luas lahan sawah di Kabupaten Nagan Raya sekitar 7000 Hektar,dan dengan luas lahan sawah tersebut, Kabupaten Nagan Raya dapat membantu ketahanan pangan di daerah lain dimasa pandemi corona saat ini. Dan capaian ini akan kita tingkatkan terus, guna untuk mengembalikan daerah penghasil pangan terbesar di Provinsi Aceh.

Sementara itu Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham dalam sambutannya mengatakan, untuk peningkatan padi di Kabupaten setempat, ia akan berupaya untuk memberikan benih dan pupuk bersubsidi terhadap petani di wilayah tersebut.

Dengan program tersebut, tahun mendatang Nagan Raya akan terus mengalami peningkatan hasil panen nya. ‘Meskipun ditengah masa pandemi Covid-19 kita terus melakukan langkah produktivitas pangan yang signifikan, agar ketahanan pangan di wilayah tersebut dapat tercapai sesuai dengan program ketahanan pangan Nasional,”ujarnya.

Untuk itu,HM Jamin Idham berharap kepada Dinas terkait,agar terus melakukan sosialisasi dan penyuluhan serta melanjutkan program tanam serentak,agar petani di wilayah tersebut tidak mengalami gagal panen.

Pencanangan tersebut, Nagan Raya akan menjadi daerah penghasil lumbung pertanian yang besar dimasa mendatang, pungkasnya Kepada sejumlah awak media. Pada kesempatan tersebut selain melakukan panen perdana, Bupati Nagan Raya juga menyerahkan bantuan kepada petani secara simbolis berupa bantuan pupuk, benih obat-obatan dan kegiatan Perluasan Areal Tanam Baru (PATB)(*)

Reporter Sabaruddin

Publish Witnyo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

REKOMENDASI UNTUK ANDA