oleh

Bhabinkamtibmas Dan Babinsa Di Blora, Kompak Kerja Bakti Bersama Warga

Last updated: Minggu, 25 Oktober 2020, 16:19 WIB

BLORA, Bratapos.com – Sebagai percontohan sektor terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bhabinkamtibmas dan babinsa mempunyai kesamaan peran yaitu di tingkat desa atau kelurahan binaan dengan mengemban fungsi prefemtif, yang dilakukan dengan cara bermitra dengan menyentuh langsung kepada masyarakat desa binaan.

Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Ferry Irawan,SIK,M.Hum melalui Kasat Binmas Iptu Sudarto mengungkapkan bahwa selain melaksanakan tugas pokok kepolisian, yaitu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, anggota Polri terutama Bhabinkamtibmas harus bisa membaur dengan masyarakat, dengan tujuan utama untuk bersama sama menjaga kondusifitas wilayah, dan tentunya dengan menjalin sinergi bersama Babinsa serta aparat pemerintahan desa setempat.

Minggu (25/10/2020) Bhabinkamtibmas Desa Sumurboto Polsek Jepon Polres Blora Aipda Yuni Agus Setiawan,SH dengan Babinsa Serda Suradi melaksanakan kerja bakti bersama warga merehap jalan kampung serta membersihkan gorong-gorong atau saluran air diwilayah setempat. Meskipun hari minggu Bhabinkamtibmas dan Babinsa tetap melaksanakan tugas melayani masyarakat.

Bhabinkamtibmas Aipda Yuni Agus mengungkapkan bahwa berawal dari sebuah diskusi kecil perihal jalan kampung dan saluran air yang dilakukan olehnya bersama Babinsa dan Kepala Desa, maka hari ini diputuskan untuk kerja bakti memperbaiki jalan dan gorong-gorong, “Kerja bakti ini adalah wujud nyata sinergitas TNI, Polri bersama masyarakat, apalagi saat ini hujan mulai turun, untuk itulah kita bersihkan gorong-gorong agar saluran air tidak mampet, sehingga tidak menimbulkan banjir ataupun sarang nyamuk demam berdarah, “ungkap Bhabinkamtibmas.

Kerja bakti yang digelar di dukuh Ngori desa Sumurboto tersebut berjalan kompak dan penuh semangat, nampak anggota Polri, TNI kompak bersama warga bahu membahu kerja bakti untuk kebersihan lingkungan setempat.

Wanto, salah satu warga setempat mengapresiasi keaktifan bhabinkamtibmas dan babinsa tersebut, dengan kehadiran mereka warga jadi lebih bersemangat dan pastinya pekerjaanpun akan cepat selesai. “Dengan bantuan pak Bhabinkamtibmas dan Babinsa warga jadi lebih semangat dan pasti pekerjaan akan cepat selesai,” tutur Wanto.

Kasat Binmas Iptu Sudarto membeberkan bahwa selain membantu warga dalam kegiatan kemasyarakatan, seorang anggota Bhabinkamtibmas harus aktif mengimbau warga agar tidak mudah terprovokasi dengan hoaks ataupun berita bohong bahkan isu SARA yang dapat memecahbelah persatuan dan kesatuan bangsa, apalagi menjelang Pilkada 2020 Kabupaten Blora.

“Selain tugas utama menjaga situasi Kamtibmas, tak bosan seorang Bhabinkamtibmas mengimbau warga agar selalu guyup rukun, terutama menjelang Pilkada 2020, jangan mudah terprovokasi oleh hoaks yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan,” beber Kasat Binmas.

Reporter: Bambang

Editor: Arta

Publisher: Ariefin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

REKOMENDASI UNTUK ANDA