by

Tak Pakai Masker, Ratusan Warga Demak di Beri Sanksi Sosial

DEMAK, Bratapos.com – Sejumlah warga terjaring operasi yustisi penanganan Covid-19 yang dilakukan petugas gabungan di kawasan Alun-alun Simpang Enam Demak dan sepanjang Kali Tuntang, Sabtu (19/9) malam. Mereka yang kedapatan tak mengenakan masker dihukum menyapu dan menyanyikan lagu kebangsaan di depan Pendopo Kabupaten Demak.

Dalam razia ini petugas menghentikan sejumlah pengendara roda dua dan empat yang tidak tertib mengenakan masker. Sebanyak 119 warga terjaring di Alun-alun Simpang Enam dan di depan Pendopo Kabupaten Demak. Razia ini merupakan penegakan hukum yang dilakukan secara humanis. Warga yang tak memakai masker di data dan diberi sanksi berupa menyapu, melafalkan Pancasila dan menyanyikan lagu kebangsaan.

Wakapolres Demak Kompol Didi Dewantoro mengatakan, razia petugas gabungan Polri, TNI dan Satpol PP ini dilakukan sebagai upaya pelaksanaan Inpres nomor 6 tahun 2020 yaitu terus melakukan penindakan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Selain itu, razia yang dilakukan petugas gabungan sebagai upaya pelaksanaan Perbup Demak no. 68 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Kepada para pelanggar kami data dan kenakan sanksi sosial dengan menyapu depan Pendopo Kabupaten Demak dan menyanyikan lagu kebangsaan,” kata Wakapolres Didi Dewantoro.

Upaya penanganan Covid-19 Polres Demak juga dilakukan dengan sejumlah upaya lain.Diantaranya memasang berbagai spanduk imbauan protokol kesehatan di sejumlah lokasi. Selain itu, operasi yustisi penanganan Covid-19 juga selalu digencarkan di tingkat Kecamatan maupun Desa.

“Ditingkat kecamatan maupun desa masih banyak ditemukan warga yang tidak patuh protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus selalu bersinergi dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya protokol Covid-19,” tandasnya.

Sampai malam ini, data terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Demak sebanyak 1459 kasus dengan rincian belum sembuh sebanyak 153 kasus, sembuh 1076 kasus dan meninggal sebanyak 230 kasus.

Reporter: Safik
Editor/Publisher: Arta

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA