by

Diduga Konspirasi “Langgar” Hukum, Perum Perhutani Dan LMDH Burno

LUMAJANG, Bratapos.com- Kerancuhan terkait mekanisme Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Perum Perhutani dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wono Lestari, Desa Burno Kecamatan Senduro Lumajang seakan terus bergulir, seperti yang dikatakan Sutondo Kepala Desa (Kades) Burno Kecamatan Senduro menegaskan, bahwa jabatan Ketua LMDH Wono Lestari Desa Burno Edi Susanto dinilai cacat hukum, karena sejak awal hingga saat ini, Edi Susanto masih merasa menjadi ketua LMDH Wono Lestari Desa Burno.

“Pembina LMDH itu adalah Kades, dan selama saya menjabat Kades Burno, LMDH Wono Lestari tak pernah koordinasi dengan saya, dan satu hal yang perlu diketahui bahwa jabatan Ketua LMDH itu harus ada perbaruan setiap 5 tahun sekali, dan saya sudah menyurati kelembagaan Desa hutan itu, yang kebetulan berada dalam naungannya”,Ujar Sutondo.

Hal senada juga dikatakan oleh Asper BKPH Senduro Lesmana, bahwa dirinya juga membenarkan terkait adanya aturan perbaruan jabatan Ketua LMDH, selain itu Lesmana juga menegaskan jika LMDH harus mempunyai AD/ART, sebagai program kerja kedepan dan mekanisme selama aktif.

“Ya benar jabatan LMDH harus diperbarui selama 5 tahun sekali, tapi yang terpenting harus ada AD/ART untuk alur mekanisme programnya”,Tandas Lesmono.(16/9/20).

Sedangkan menurut Edi Susanto, yang selama ini disebut-sebut ketua LMDH yang dinilai cacat hukum menjelaskan, bahwa selama ini LMDH Wono Lestari tidak memiliki AD/ART, bahkan menurutnya seperti yang disampaikan melalui via WhatsApp yang dikirim olehnya tanggal 17 September 2020, Pukul: 13.18 Wib, telah menyatakan secara legalitas LMDH Wono Lestari secara kelembagaan terkesan illegal.

“Tidak ada bapak, program kerja juga tidak ada, legalitas kelembagaan juga tidak ada, sekretariat tidak berfungsi,”Jlentrehnya,(27/9/20).

Disisi lain dalam postingan akun salah satu nitizen FB, tertanggal 4 September 2020 menjelaskan, jika penandatanganan perjanjian PKS dan KPH Perum Perhutani Probolinggo dengan Ketua LMDH Wono Lestari Desa Burno, terkait pengelolaan wana wisata disalah satu kawasan hutan Negara yang berlokasi di desa Burno Kecamatan Senduro.

Reporter: Wawan (Team)

Editor/ Publisher: Shelor

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA