by

Hari Raya “Karo” Suku Tengger, Jaga Dan Lestarikan Hutan

LUMAJANG, Bratapos.com- Dalam seminggu terakhir suku tengger Desa Ranupani Kecamatan Senduro Lumajang merayakan hari raya Karo, sebelum puncak hari raya Karo, sepekan sebelumnya warga Masyarakat melaksanakan andon mangan yang artinya secara bergantian, warga berdatangan kerumah warga yang lain untuk bertamu dan wajib makan dirumah warga yang dikunjunginya.

Tentunya sebelum melaksanakan andon mangan, secara “dor to dor” Dukun Pandita mendo’akan dirumah setiap warga dengan mendo’akan unsur api yang setiap hari menjadi perapian dirumah warga suku Tengger, mendo’akan air sebagai sumber kehidupan, tanah dimana tempat berpijak, dan kayu atau tumbuhan juga mendo’akan agar hutan yang ada tetap terjaga dan lestari, tidak dialih fungsikan seenaknya.

“Dukun mendo’akan air, api, tanah, dan hutan agar tetap terjaga dan lestari sebagai paru-paru dunia,”Ujar Darmaji salah seorang tokoh setempat, Jum’at (17/9/2020).

Darmaji juga menjelaskan dipuncak hari raya karo, warga melakukan ritual Nadran, yang artinya bersama-sama mendatangi makam para leluhur dan keluarganya yang telah meninggal dunia untuk memberikan sasajen diatas makamnya, yang bertujuan bahwa kehidupan ini semua akan berakhir kepada kematian, sehingga diharapkan agar manusia bisa berkasih sayang antar sesama.

“Kebetulan hari ini kami suku tengger sedang melaksanakan Nadran Boboreh tamping ke makam, kita datang bersama dipandu oleh Dukun Pandita untuk berdo’a bersama dimakam dan memberikan sajen diatas makam sanak saudara yang telah mendahului kita,”Tambahnya.

Sedangkan pada puncak akhir dilaksanakan hari raya Karo dilaksanakan Barikan atau selamatan bersama dijalan-jalan, sebagai rasa syukur suku Tengger terhadap kehidupan yang aman, tentram, makmur dan sentosa.

“Besok malam (hari ini, red) kami mengadakan barikan, dan seperti tahapan-tahapan sebelumnya, acara barikan juga akan dipandu dan di do’akan oleh Dukun Pandita,”Pungkasnya.

Reporter: Bratapos (Team)

Editor/Publisher: Shelor. A

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA