by

Drama PHK Sepihak PT.Sukanda Djaya Binjai

Binjai,Bratapos.com – Belakangan ini, masyarakat tengah di hebohkan dengan maraknya perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak.

Salah satunya terjadi di Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara, Perseroan Terbatas (PT) Sukanda Djaya yang berlokasi di Jalan Lintas Medan-Banda Aceh, Kecamatan Binjai Timur itu diduga kuat telah melakukan PHK terhadap Karyawannya tanpa mematuhi Undang-Undang yang berlaku.

Pasalnya, perusahaan yang bergerak di bidang distributor makanan dan minuman itu disebut sebut tidak memenuhi hak dan kewajiban nya terhadap sejumlah karyawan yang terkena PHK.

Bahkan, Sukanda Djaya juga dinilai melakukan pemutusan hubungan kerja secara tergesa-gesa tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada karyawannya.

Merasa teraniaya dan di rugikan, sejumlah karyawan yang telah mengabdi selama belasan tahun di perusahaan tersebut megadukan nasibnya ke Dinas Perindag Kota Binjai.

Namum, sejumlah pria eks karyawan Sukanda Djaya menilai aduan mereka kepada Dinas terkait tidak mendapat hasil seperti yang diharap.

“Kami mengadu nasib ke Disperindag Binjai, tapi ya begitulah bang, amem seperti kerupuk saja,” tegas pria yang tak ingin disebut namanya itu.

Selanjutnya beberapa orang dari mereka menyampaikan pengaduan ke Kantor Sekretariat DPRD Kota Binjai, dengan penuh harap agar para wakil rakyat yang menduduki kursi terhormat tersebut dapat mendesak Perusahaan sesegera mungkin merealisasikan hak dan kewajiban terhadap Karyawannya pasca PHK.

“Kami lanjutkan mengadu ke DPRD Binjai, dan kemarin kami juga sudah di undang untuk menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi ‘B’ DPRD, saat ini kami masih menunggu hasil, semoga para dewan membela hak kami,” terang pria berperawakan gemuk itu.

Rabu (16/9), awak media Bratapos.com mencoba untuk melakukan konfirmasi kepada manajemen, namun sungguh disayangkan, perwakilan perusahaan yang diketahui bernama Ulan yang menjabat sebagai Human Resource Development (HRD) mengatakan pihaknya tidak ingin memberikan keterangan apapun alias menolak akan kehadiran insan Pers.

Tak ubahnya seperti manajemen Sukanda Djaya, Kepala Dinas Perindag Heidi Novria pun turut bungkam saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak yang mencari keadilan dalam hal ini Eks Karyawan PT Sukanda Djaya nasibnya masih terombang-ambing tanpa ada kejelasan. (dyk.p)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA