oleh

Desa Mrisi Digemparkan Adanya Semburan Gas Api Dari Lubang Sumur Bor

GROBOGAN, Bratapos.com – Sempat bikin kaget warga setempat, Jumat (11/9/2020). Hal ini terkait dengan keluarnya semburan gas yang keluar dari titik pengeboran, sekitar pukul 14.00 WIB.

Pengeboran tanah tersebut milik Ferianto, untuk memastikan adanya gas tersebut warga berusaha menyalakan api di atas pipa yang di tancapkan di lubang pengeboran. Api terlihat menyala di ujung pipa yang menancap di tanah. Kobarannya semakin besar saat tertiup angin.

Tim Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah diturunkan ke lokasi untuk memeriksa semburan gas tersebut. Pemilik lahan juga diminta untuk mengawasi semburan tersebut selama sepekan ke depan, jika kondisinya stabil bahkan semakin besar, maka semburan gas bisa dimanfaatkan pemilik lahan dan warga sekitar untuk bahan bakar rumah tangga.

Kejadian semburan gas dengan tekanan sangat besar tersebut, baru pertama kali ini terjadi di wilayah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Warga sempat panik jika semburan gas tersebut memunculkan racun dan membahayakan warga sekitar.

Camat Tanggungharjo Joko Mulyono saat dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. “Benar, ada pengeboran sumur yang mengeluarkan semburan gas sejak siang tadi dan sudah kita laporkan pada instansi terkait. Saat ini, lokasinya sudah diberi garis polisi untuk mencegah warga mendekat dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Joko menjelaskan, lokasi tanah yang dibuat sumur bor itu berada di wilayah Desa Mrisi RT/Rw: 03/01. Tanah tersebut milik Ferianto (35), warga Desa Mrisi, Kecamatan Tanggungharjo.

Pembuatan sumur bor itu sudah dimulai pada Senin (7/9/2020) lalu. Sejak awal, pembuatan sumur itu berlangsung aman. Namun, setelah hari kelima, muncul semburan gas saat pengeboran sumur sudah masuk pada kedalaman sekitar 33 meter.

“Pekerja pembuatan sumur bor itu ada dua orang. Pekerjanya orang dari wilayah Kecamatan Godong,” imbuhnya.

Reporter: Arief
Editor/Publisher: Arta

REKOMENDASI UNTUK ANDA