oleh

Ganjar Teken Surat Cuti Petahana yang Maju Pilkada Jateng 2020

SEMARANG, Bratapos.com – Sejumlah kepala daerah di Jateng yang mencalonkan diri sebagai calon bupati atau wali kota Pilkada 2020, mengajukan cuti. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengaku sudah menerima beberapa surat pengajuan cuti dari calon petahana (incumbent).

“Sudah, hampir semua yang mau nyalon (mencalonkan diri) itu mengajukan cuti, sudah saya teken (tandatangani),” ujar Ganjar seusai mengikuti rapat koordinasi khusus dengan jajaran menteri, terkait pilkada di tengah pandemi Covid-19, Rabu (9/9/2020).

Ganjar menyebut, agar tidak terjadi kekosongan pemerintahan daerah, pihaknya telah menyiapkan penjabat sementara. Hal itu agar memastikan roda pemerintahan tidak kosong dan pelayanan terhadap masyarakat tetap terpenuhi. Sudah-sudah, kita siapkan nanti pj-pj (penjabat sementara),” imbuh Ganjar.

Sebagai informasi, di Jawa Tengah tercatat ada 21 daerah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah, pada 9 Desember 2020. Berdasarkan PKPU 5 Tahun 2020, masa kampanye akan dimulai pada 26 September 2020 hingga 5 Desember 2020.

Berdasarkan Permendagri nomor 1 tahun 2018, kepala daerah yang mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah, wajib mengajukan cuti di luar tanggungan negara. Pada masa kampanye, calon petahana dilarang menggunakan fasilitas negara yang terkait dengan jabatannya. Selanjutnya, akan ditunjuk penjabat sementara, dari unsur pemerintah pusat atau pemerintah provinsi. Hal itu berlaku hingga selesainya masa kampanye.

Di Jawa Tengah, beberapa petahana, maju sebagai calon kepala daerah. Di antaranya, Klaten, Rembang, Grobogan, Sragen, dan Kota Semarang. Dihubungi terpisah, Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat mengatakan, tidak seluruh petahana mencalonkan kembali sebagai kepala daerah di Pilkada 2020. Ia juga mengungkapkan, saat ini tengah melakukan perpanjangan masa pendaftaran bagi daerah yang hanya ada satu pasangan calon kepala daerah.

Ia menyebut, di Jateng ada enam daerah yang baru memiliki satu Paslon. Di antaranya, Kota Semarang, Kabupaten Grobogan, Sragen, Boyolali, Wonosobo, dan Kebumen.

Reporter: Imam Bbm
Editor/Publisher: Lut Arta

REKOMENDASI UNTUK ANDA