by

Waduk Kandeh Wasata Alam Terpendam Di Nagan Raya

Suka Makmue – Bratapos.com. Kabupaten Nagan Raya ternyata memiliki sebuah potensi wisata fantastis dikarenakan kondisi hutan dan alam yang masih perawan dan lestari.

Seperti halnya Desa Kandeh Kecamatan Seunagan Timur yang memiliki sumber air yang melimpah, yang mana bendungan seluas 24 Hektar yang terbentuk berkat kerja tangan pemerintah Gampong (Desa) setempat kini telah terbentuk menjadi waduk yang dinilai berpotensi menjadi tempat ekowisata.

Sebelumnya dikatakan Keuchik (Kepala Desa) Kandeh, Sofyan, waduk itu digunakan untuk mengairi persawahan warga ada juga yang memanfaatkannya untuk berbudidaya ikan air tawar.

“Rencananya bendungan itu disediakan untuk warga yang ingin berbudidaya ikan air tawar, mengingat nilai jual yang tinggi pada event perayaan umat islam seperti hari maulid,”ujarnya.

Melihat potensinya direncanakan waduk itu nantinya akan difokuskan untuk pengembangan ekowisata guna meningkatkan pendapatan gampong serta memajukan perekonomian masyarakat setempat.

“Direncanakan untuk wisata ikan air tawar, disamping itu pula rencananya nanti akan ada tempat memancing juga, disekeliling wadukpun akan ditanami tanaman buah-buahan ”sebutnya.

Hanya saja hingga kini akses jalan tak memadai membuat sulitnya perkembangan dalam sektor pariwisata, dimana jembatan gantung penghubung antar gampong dan kecamatan masih sangat memprihatinkan.

Jembatan gantung tersebut tak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, bahkan kondisi sungai yang terus melebar membuat jembatan itu benar-benar “tergantung” ditengah aliran sungai saat musim penghujan, sehingga masyarakat setempat tidak akan bisa menggunakan jembatan untuk menyeberang sungai dan akan terisolir sementara hingga air sungai kembali surut.

Namun, walau kondisi demikian tak menyurutkan niat pemerintah gampong setempat untuk memajukan gampong, Sofyan berharap pemerintah kabupaten setempat dapat mendukung rencana mereka untuk pengembangan sektor ekowisata.

“Harapan saya kepada pemerintah, agar semua ini dapat dibantu dan rencana saya juga akan membuat beberapa wahana pendukung guna menunjang pariwasata, jadi besar harapan saya agar pemerintah mendukung penuh tujuan kami,”demikian ujarnya.(*)

Reporter : Sabaruddin
Sumber : Bahariandy Mahardeka S.Ikom/Humas dan Protokol
Editor Publisher : Rizki Ardhio

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA