oleh

Kejari Gresik, Hentikan Perkara Laka Lantas

GRESIK, BrataPos.com – Keadilan “Restoratif Justice” mulai diberlakukan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik. Perkara bisa diselesaikan ditingkat penuntutan. Sehingga tidak semua perkara pidana harus diselesaikan sampai ke pengadilan. Seperti kasus laka lantas yang terjadi di Jalan Raya Desa Dermo, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik pada 14 April 2020 lalu.

Kasi Tindak Pidana Umum (Pidum) Kejari Gtesik Firdaus mengatakan, penghentian perkara melalui mekanisme Keadilan Restoratif tersebut diatur dalam Peraturan Kejaksaan (Perja) Nomor 15 Tahun 2020 tentang penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif.

Seperti perkara laka lantas yang terjadi di Desa Dermo, Kecamatan Benjeng dengan terdakwa Saifudin (31) (sopir) warga Dusun Nglajur RT.27 RW.07 Desa Tugu Sumberrejo, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

“Perja penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif tersebut mulai hari ini-red diberlakukan di Kejari Gresik. Sebab, yang terjadi pada terdakwa Saifudin ancaman hukumannya 1 tahun dan denda 2 juta. Ini salah satu syarat. Sehingga bila ada peristiwa tindak pidana ancamannya dibawah 5 tahun, maka kejari Gresik mengedepankan asas restoratif ini,” katanya. Senin (7/9/2020)

Selian itu kata Firdaus mencari kemanfaatan bagi pihak terdakwa dan pihak para korban pada umumnya. Kita mengambil kesepakatan bersama. Kejaksaan sebagai fasilitator, tidak berpihak pada korban dan terdakwa.

“Jadi sebagaimana arahan jaksa agung, kedepan Kejari Gresik mengedepankan asas kemanfaatan. Jangan sampai perkara-perkara yang tidak berat dibawa ke Pengadilan. Kami bisa selesaikan diluar pengadilan,” tambah Firdaus yang baru menjabat Kasi Pidum.

Dijelaskannya, penyelesaian perkara pidana di luar pengadilan dengan mekanisme Keadilan Restoratif bisa dilakukan jika memenuhi persyaratan. Yaitu tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana.

“Dalam artian, perkara yang dapat dihentikan di Kejaksaan, merupakan perkara kecil. Hanya saja perkara tersebut bisa menjadi perhatian masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : jamal
Publish : red

REKOMENDASI UNTUK ANDA