by

Pol Air Polres Tanjung Balai Lakukan Patroli Perairan

Bratapos.com, Tanjung Balai – Stanby dalam kerja, Pol Air Polres Tanjungbalai tetap fokus dan menjaga kondisi perairan di wilayah hukum Polres Tanjungbalai selama 1 X 12 jam, Sabtu tanggal 05 September 2020 dimulai dari pukul 08.00 Wib sampai dengan 20.00 Wib dari tindak kejahatan melalui jalur air.

Dalam giat patroli perairan yang dilakukan oleh Pol Air Polres Tanjungbalai hanya 1 giat saja yaitu pada hari Sabtu tanggal 5 September 2020  Kapal Patroli KP. II-2027 diawaki team regu I, Bripka Juanda dan Bripka AS Damanik melakukan tugas patroli di perairan Tanjungbalai Asahan untuk melakukan pengawasan dan antisipasi terhadap kapal yang mengangkut Tenaga Kerja Indonesia ilegal (TKI) dan kapal yang diduga membawa barang ilegal atau barang yang dilarang keluar dan masuk melalui perairan Tanjungbalai.

Selanjutnya, Pol Air juga melalui Polmasnya melaksanakan giat, sebelum melakukan pemeriksaan terhadap kapal yang melintas, petugas patroli melakukan pemeriksaan suhu tubuh ke awak kapal dengan menggunakan alat Termo Scan.

Kemudian komandan kapal patroli Sat Pol Air Polres Tanjungbalai melaksanakan  public speaking, melakukan sosialisasi adaptasi kebiasaan baru tentang pencegahan Virus Corona Covid 19 kepada masyarakat atau awak kapal nelayan Kota Tanjungbalai.

Adapun hal itu dilakukan agar masyarakat tetap mengikuti perkembangan Covid-19 dan mengikuti himbauan pemerintah dan menjalankan protokoler kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menerapkan pola hidup bersih sehat dan tetap menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan.

Pol Air Polres Tanjungbalai juga menyampaikan kepada para nelayan yang menggunakan kapal saat berlayar agar selalu periksa mesin, kelengkapan kapal dan melengkapi dokumen kapal sebelum berlayar, dalam pelayaran utamakan  keselamatan dengan cara melengkapi alat alat keselamatan berlayar seperti Jaket Pelampung dan Ring boy, Apar dan Kotak P3K.

Tambah Pol Air, jadilah mitra Polri dalam memelihara situasi Khamtibmas dengan
membantu petugas Sat Pol Air untuk memberikan informasi jika ada mengetahui ada masyarakat atau orang membawa (TKI ilegal) yang masuk dengan cara menumpang di kapal pengangkutan atau kapal ikan serta juga kapal yang mencurigakan membawa barang barang illegal seperti Ballpress dan Narkoba.

Kendati sedemikian, pada hari Sabtu tanggal 5 September 2020 sekira pukul 13.30 Wib, KP II-2027, Pol Air melakukan pengejaran dan penghentian terhadap satu unit kapal diposisi koordinat N  2° 59′ 15. 5292″ E  99° 51′ 15.1848″ dan terhadap kapal dilakukan pemeriksaan, kapal jenis pengangkutan dan nama kapal tersebut adalah KM.Berkat jaya 99 GT 18 NO 3449/Ppb yang di nakhodai oleh Sri kumpul Lubis datang dari Panipahan tujuan Tanjungbalai.

Dari hasil pemeriksaan Pol Air bahwa dokumen atau berkas kapal itu semua lengkap dari mulai anak buah kapal (ABK) atau penumpang sejumlah 4 orang, muatan kapal juga berupa barang bekas (butut), tidak ada ditemukan barang – barang yang ilegal atau yang melanggar hukum.

Dilaporkan Pol Air Polres Tanjungbalai bahwa dalam giat tersebut tidak ditemukan tindak kejahatan. Situasi diwilayah hukum Sat Pol Air Polres Tanjungbalai dalam keadaan aman dan terkendali.

Reporter : Irwansyah

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

REKOMENDASI UNTUK ANDA