oleh

Simulasi Wisata Candi Plaosan Dan Sojiwan Klaten, Untuk Persiapan Dibuka Untuk Wisatawan

KLATEN, Bratapos.com – Taman Wisata Candi Plaosan dan Candi Sojiwan di Kabupaten Klaten, menggelar simulasi wisata. Simulasi tersebut dikarenakan akan bukanya tempat wisata ini, tidak hanya untuk pengunjung saja, namun simulasi ini diikuti oleh seluruh petugas yang terlibat melayani pengunjung.

Kegiatan simulasi ini dilakukan atas kerjasama antara Disparbudpora Klaten dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

Plt Kepala Disparbudpora Kabupaten Klaten, Sri Nugroho mengatakan Usai dilakukannya simulasi wisata ini, rencananya pada hari Sabtu besuk (05/9), Candi Plaosan dan Candi Sojiwan akan di buka untuk pengunjung umum.

Tetapi harus digalakkan protokol Covid-19 selama berwisata seperti mengunakan masker, cuci tangan, cek suhu, jaga jarak, dan mematuhi peraturan yang ada di tempat wisata.

Terkait aturan pengunjung di situs lokasi, Wahyu perwakilan dari BPCB Jawa Tengah menegaskan bagi pengunjung di Candi Plaosan tidak bisa masuk di Bilik utama candi, dan terkait jumlah pengunjung yang datang ke Candi Plaosan maupun Candi Sojiwan dibatasi demi mencegah penularan Covid-19.

Sejumlah 200 tiket saja yang akan dijual dalam sehari, pengunjung yang masuk ke area candi dibatasi dan bergantian, tak hanya itu pengunjung hanya diperbolehkan berkunjung selama maksimal 30 menit saja.

Rencananya kawasan wisata Candi Plaosan dan Sojiwan hanya akan melayani pengunjung dari hari Selasa sampai Minggu, untuk hari senin digunakan untuk menyemprot disinfektan di area Candi.

Setelah simulasi ini akan diadakan evaluasi dan nantinya akan ada informasi lagi terkait pembukaan kedua kawasan wisata yaitu Candi Plaosan dan Candi Sojiwan, “pungkasnya.

Reporter: Purwanto
Editor: Arta
Publisher: Ariefin

REKOMENDASI UNTUK ANDA