oleh

Kunjungan Kerja Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin ke Tanjung Balai

Bratapos.com, Tanjung Balai – Suatu hal yang sangat menarik dan menjadi perhatian masyarakat Kota Tanjungbalai atas berkunjungnya Toba 1 Sumatera Utara pada hari Kamis tanggal 03 September 2020, yang mana kedatangan tersebut bertujuan untuk melaksanakan kunjungan kerja atas Kapolda Sumut dan Ketua Bhayangkari daerah Sumut beserta rombongan ke Polres Tanjungbalai dalam rangka pengecekan Kampung Tangguh dan pelaksanaan protokol kesehatan, panen raya, serta peresmian Poli Klinik Polres Tanjungbalai.

Dalam kunjungan kerja yang dilakukan oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Martuani Sormin M.Si dan Ibu Ketua Bhayangkari Sumut Ny. Risma Martuani Sormin, dilengkapi tim lainnya beserta Karo Ops Kombes Pol Drs Makmur Ginting, Karo SDM Kombes Pol Heru Budi Prasetyo, SIK beserta Ibu, Dir Reskrimum Kombes Pol Irwan Anwar, SIK, Dir Reskrimsus Kombes Pol Rony Samtana, SIK, Dir Resnarkoba Kombes Pol Robert Dacosta, SIK beserta Ibu, Dir Intelkam Kombes Pol Drs Ruslan Efendi, M.si, Dir Lantas Kombes Pol Wibowo, SIK beserta Ibu, Dir Samapta Kombes Pol Yus Nurjaman, SIK, Dir Binmas Kombes Pol Yusuf Honda Wantri Naibaho, SH, Msi, Kabid Humas Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, SIK, Kabid TIK Kombes Pol Raja Sinambela beserta Ibu, Kabid Propam Kombes Pol Donal P Simanjuntak, SIK beserta Ibu dan Koorspripim Kompol Oloan Siahaan, SIK.

Kapolres Tanjung Balai sambut Kapolda Sumut

Tak hanya sampai disitu saja, kedatangan Bapak Kapolda beserta rombongan disambut sangat antusias oleh masyarakat terutama dari pihak Polres, adapun pihak Polres yang menyambut antara lain yaitu Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K, M.H, beserta Ketua Bhayangkari Cabang Tanjungbalai Ny. Dita Yudha Prawira, Walikota Tanjungbalai H.M.Syahrial,SH,MH beserta Ketua Penggerak PKK Ny. Hj. Sri Silvisa, Wakapolres Tanjungbalai Kompol Jumanto SH.MH, beserta Wakil Ketua Bhayangkari Cabang Tanjungbalai Ny. Sofia Jumanto, Dan Lanal Tanjungbalai Asahan Letkol Laut (P) Dafris, Dandim 0208 /AS Letkol (Inf) Sri Marantika Beruh,SE, Kepala Kantor Bea dan Cukai Tanjungbalai – Asahan I Wayan Sapta Dharma, Ketua DPRD Kota Tanjungbalai Tengku Eswin,ST, Para PJU Polres Tanjungbalai, Para Kasat dan Kapolsek, Personil TNI AD dan AL beserta Polres Tanjungbalai dan para pengurus cabang Bhayangkari Tanjungbalai.

Dalam kunjungan kerja yang dilakukan itu, dilaksanakan rangkaian kegiatan yang dilakukan pada pukul 13.35 Wib, Bapak Kapolda Sumut dan Ibu Ketua Bhayangkari daerah Sumut beserta rombongan tiba di Polres Tanjungbalai, selanjutnya terhadap rombongan dilaksanakan protokol kesehatan, laporan Kapolres, jajar hormat, penyambutan oleh Forkopimda Kota Tanjungbalai, penyambutan oleh PJU Polres Tanjungbalai dan Danki Brimob Subden 3/B Tanjungbalai dan penyambutan dengan Yel Yel dari gabungan Personil TNI dan Polri.

Disempitnya waktu giat, Bapak Kapolda Sumut dengan rasa rendah hati dan dengan rasa sayang kepada masyarakat tetap memberi sambutan walaupun dengan singkat, Bapak Kapolda menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan, diantaranya dalam rangka peninjauan terhadap kepatuhan protokol kesehatan sesuai Instruksi Presiden Nomor 06 Tahun 2020, memberi himbauan agar tetap menjaga hubungan sinergitas antara TNI dan Polri wajib dijaga untuk mempertahankan NKRI, melakukan peninjauan ketahanan pangan dalam masa pandemi Covid 19, mengantisipasi krisis Pandemi agar tidak meningkat menjadi krisis ketahanan pangan, TNI dan Polri tetap sinergi serta menjaga netralitas dan memberikan jaminan keamanaan selama pelaksanaan Pilkada 2020, Beliau juga mengatakan bahwa kedatangan Saya ke Tanjungbalai tidak ada kaitanya dengan politik yang saat ini berlangsung dan pada pukul 14.00 Wib, dilakukan giat ramah tamah dan makan siang bersama rombongan di Aula Pesat Gatra Polres Tanjungbalai.

Selanjutnya rangkaian kegiatan Bapak Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Martuani Sormin M.Si beserta rombongan PJU Polda Sumut dilaksanakan pada pukul 15.05 Wib, tatap muka Kapolda Sumut bersama personil Polres Tanjungbalai, Personil TNI AD dan AL Tanjungbalai Asahan, Bapak Kapolda juga memberikan bimbingan dan arahan kepada seluruh personil dan rombongan, “seluruh personel Polri dan TNI harus bangga karena menjadi anggota Polri dan TNI itu tidak mudah, dibutuhkan kerja keras,¬† apa yang telah dicapai sekarang ini merupakan hasil dari bekerja keras dan berdoa, berdasarkan Inpres no 6 tahun 2020 tentang penanganan Covid 19, seluruh personel jangan mengganggap sepele dengan Covid 19, Covid 19 merupakan ancaman nyata karena telah banyak anggota Polri, TNI yang juga terkena Covid 19, Covid 19 tidak memandang pangkat, jabatan dan usia serta status pekerjaan, setiap anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus mampu menjelaskan kepada masyarakat tentang Covid 19, berikan pemahaman dengan bahasa yang dimengerti masyarakat agar masyarakat mau melaksanakan intruksi presiden tentang penanganan Covid 19 menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga, ketahanan Pangan, jalin karjasama dengan pemerintah untuk mendorong masyarakat agar memanfaatkan lahan yang dimiliki untuk ditanamin berbagai tumbuhan yang dapat mendukung ketahanan pangan di tengah masyarakat, karena dampak dari Covid 19 akan sangat mempengaruhi stabilitas perekonomian. Soliditas TNI-Polri harus terus dijaga, walaupun tugas pokok dan fungsi berbeda namun TNI -Polri memiliki tujuan yang sama yaitu menjaga keutuhan, ketertiban dan keamanan NKRI, pelaksanaan pemilu tahun 2020 ditengah situasi Covid 19 berpotensi menimbulkan banyaknya pelanggaran seperti pada pelaksanaan kampanye secara virtual akan memungkinkan adanya Money Politik dan Black Campaign yang¬† berpotensi menimbulkan konflik ditengah masyarakat dan tetap jaga netralitas Polri dan TNI pada Pemilu 2020, pungkas Kapolda.

Selanjutnya pada pukul 16.30 Wib, melakukan penaburan 40.000 ekor benih ikan (Gurami, Patin, dan Nila) oleh Kapolda Sumut bersama PJU Polda Sumut dan Forkopimda Kota Tanjungbalai di Tangkahan atau belakang milik Polres Tanjungbalai di lokasi penaburan Sungai Duo Kelurahan Perwira Kecamatan Tanjung Balai Selatan. Pada pukul 16.50 Wib, dilaksanakan peresmian dan penandatangan prasasti Klinik Kesehatan Polres Tanjungbalai, dilanjutkan dengan peninjauan bangunan Poliklinik. Kemudian pukul 17.20 Wib, dilanjutkan dengan pengecekan Kampung Tangguh Sijambi Kota Tanjungbalai dan Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Jalan Mangga Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai.

Dalam kesempatan tersebut Bapak Kapolda Sumut Irjen Pol Drs. Martuani Sormin M.Si juga memberikan bimbingan dan arahan, diantaranya dengan melakukan perkenalan diri dan PJU Polda Sumut, dalam pelaksanaan himbauan ditengah masyarakat, agar Bhabinkamtibmas dan dan Babinsa dapat menyampaikan informasi yang benar dan dapat mendinginkan suasana Sehubungan Pandemi Covid-19. Sampai saat ini penyebaran Covid 19 masih belum berakhir, dimana Provinsi Sumut menduduki peringkat 7 di Indonesia dengan jumlah 1700 orang. Dari penjelasan diatas menjelaskan bahwa Covid 19 benar benar ada, jadi diharapkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap ancaman Covid 19. Kendati sedemikian Kapolda juga menyampaikan agar melaksanakan Impres 06 Tahun 2020 dengan cara 3M (Memakai Masker, Menjaga jarak dan Mencuci Tangan) serta adaptasi kebiasaan baru.

Kunjungan kerja Bapak Kapolda ada juga termasuk tentang Kampung Tangguh, dijelaskan bahwa Kampung Tangguh merupakan Pilot Project, sehingga diharapkan dapat menjadi contoh di Kelurahan kelurahan lain untuk diaksanakan dan kepada para orang tua bimbinglah anak-anak untuk dapat menjadi orang yang sukses. Kegiatan peninjauan kampung tangguh diakhiri dengan pemberian bantuan sosial secara simbolis oleh Kapolda Sumut berupa beras, bibit sereh dan bibit kelapa, dan pada pukul 18.25 Wib, Bapak Kapolda Sumut dan rombongan PJU kembali menuju Hotel Grand Singgie Tanjungbalai.

Dilanjutkan lagi dengan rangkaian kegiatan Ibu Ketua Bhayangkari Sumut Ny. Risma Martuani Sormin beserta rombongan Pengurus Bhayangkari Sumut pada pukul 15.00 Wib, melakukan tatap muka dengan pengurus Cabang Bhayangkari Tanjungbalai di Gedung Endra Dharmalaksana, pada pukul 15.50 Wib, melaksanakan peresmian Kantor Bhayangkari Tanjungbalai, pukul 16.10 Wib, melakukan leninjauan kebun Hydro Ponik Bhayangkari Polres Tanjungbalai dengan kegiatan panen cabe dan menabur bibit Ikan lele kemudian pukul 16.30 Wib, melakukan leninjauan kerajinan tangan Batik di Butik Batik Kito di Jalan Jendral Sudirman Kecamatan Tanjungbalai Selatan Kota Tanjungbalai dan terakhir pada pukul 17.50 Wib, rombongan kembali menuju Hotel Grand Singgie Kota Tanjungbalai, dalam kunjungan kerja Bapak Kapolda Sumut tersebut dan kegiatan Bhayangkari berjalan dengan situasi aman, damai dan kondusif.

Reporter : Irwansyah

REKOMENDASI UNTUK ANDA