3473 Views
oleh

Buruan, Dinas Koperasi Binjai Tambah Waktu daftar Penerima Bantuan UMKM 2,4 Juta Hingga Pertengahan September

Binjai,Bratapos.com – Bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) Binjai, yang modal usahanya tidak lebih dari 50 juta Rupiah akan berkesempatan mendapat bantuan dana hibah dari Pemerintah sebesar 2,4 juta Rupiah.


Caranya, pelaku usaha Mikro dapat mengurusnya kekantor lurah guna perlengkapan syarat yang sudah ditentukan, setelah itu segera ajukan ke Dinas Koperasi UMKM Binjai.


Adapun persyaratan yang wajib dilampirkan, yakni pengusul mempunyai nama Usaha Mikro yang Produktif, kemudian Jenis usahanya, Nomor Induk Keluarga (NIK), Nomor Telp, Nomor Rekenig dan nama Bank.


Hal ini dikatakan Kepala Dinas Koprasi UMKM Pemko Binjai Drs. Eka Edi Syahputra dikantornya, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat, kepada awak media Kamis Sore (3/9/20) sekira pukul 15.00 Wib.


Dijelaskannya Eka, “kemudian persyaratan-persyaratan lainnya, bahwa para pengusul pelaku usaha tersebut bukanlah berstatus sebagai ASN, TNI, Polri, BUMN dan BUMD.”


Untuk saat ini, tambah Eka “terhitung pertanggal 1 September 2020 pelaku usaha di kota rambutan yang telah mengajukan berkas pendaftaran di Dinas Koperasi mencapai 4.750, dan jumlah ini belum final karena masih dalam tahap seleksi kelayakan, jumlah ini bisa saja bertambah dan juga bisa berkurang.”


Bagi nama-nama pelaku usaha yang mengajukan usahanya sebagai penerima bantuan, kalau ternyata ditemukan sudah terdaftar sebagai penerima program bantuan seperti PKH ataupun BLT, maka secara otomatis permohonan akan ditolak oleh sistem validasi.


Selain itu, permohonan penerima uang sebesar 2.4 Juta akan otomatis gagal apabila pelaku UMKM tidak menyertakan bukti foto usaha dan bukti kepemilikan, serta rekening bank aktif.


Maka dalam prosesnya pihak Dinas Koperasi sebelum nya telah meminta para Lurah agar mensosialisasikan syarat wajib program UMKM ini kepada warganya.


Bagi para pelaku Usaha Mikro diharapkan agar menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk melengkapi persyaratan dan mengajukannya ke Dinas Koperasi dan UMKM Binjai, karena batas waktu permohonan penerima bantuan akan berakhir pada minggu kedua bulan September tahun 2020. (dyk.p)