oleh

Bagi Masyarakat Yang Terlambat Bayar Pajak Kendaraan, Bulan Ini Pemutihan

SUMENEP – Bratapos.com. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur memastikan akan melaksanakan program Pemprov Jatim soal pemutihan pajak daerah tahun 2020. Program ini, mulai Bulan 1 September hingga 28 November 2020 mendatang.

Kasatlantas Polres Sumenep, AKP Deddy Eka Aprianto menjelaskan, pemutihan ini berlaku bagi pengguna atau pemilik kendaraan roda 2 maupun roda 4 di seluruh Jawa Timur yang terlambat membayar pajak.

“Dalam pemutihan pajak ini, mereka yang terlambat bayar pajak misalkan satu atau dua tahun, cukup membayar pokok pajaknya saja. Mereka tidak dikenakan denda administrasi karena keterlambatan bayar,” kata Deddy sapaan akrabnya kepada media ini, Rabu (02/09/2020).

Deddy juga meniturkan, program tersebut merupakan relaksasi yang diberikan pemerintah daerah kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Program ini dari Dispenda berkoordinasi dengan pihak kepolisian juga, diberlakukan bagi yang terlambat bayar pajak, jadi dendanya dibebaskan,” tambahnya.

Lebih lanjut Deddy, pemutihan pajak itu akan terdiri atas empat jenis, yakni penghapusan denda keterlambatan pajak kendaraan bermotor, penghapusan denda biaya balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).“Ini juga berlaku untuk balik nama kendaraan,” jelasnya.

Deddy berpesan, dengan telah dikeluarkannya peraturan Gubernur Jawa Timur tentang kebijakan tersebut, pihaknya mengimbau agar masyarakat Sumenep yang memiliki kendaraan terlambat bayar pajak agar memanfaatkan program ini dengan segera membayar pajak kendaraan. Sehingga mereka bisa terbantu mengurangi beban pembayaran.

“Selain itu, yang hendak membayar pajak itu bisa langsung datang ke Kantor Samsat, syaratnya cukup membawa E-KTP dan notice pajaknya,” tukasnya.(zr)

Reporter : Zainurrohman
Editor Publisher : Rizki Ardhio

REKOMENDASI UNTUK ANDA