oleh

Pemdes Simojayan, Berikan Hak Jawab Tentang Pemberitaan Dugaan Pemotongan Dana BST

MALANG, BrataPos.com – Oknum perangkat desa Simojayan berinial (BR) melalui Pemerintah Desa (Pemdes) Simojayan memberikan hak jawab dan klarifikasi terkait berita Bratapos.com pada hari Selasa 1 September 2020 berjudul: Miris..!, Oknum Perangkat Desa Simojayan, Diduga Potong Dana BST dan berjudul: Kades Simojaya Angkat Bicara Dugaan Pemotongan Dana BST Oleh Oknum Perangkat, pemberitaan itu tidak benar.

Bahwa pemberitaan tersebut sangat merugikan pemerintah desa Simojayan. Pasalnya, dana yang sebelumnya diduga ada pemotongan sudah dikembalikan pada warga. Bahkan disertai surat pernyataan. Sehingga tidak ada yang dirugikan. Pemberitaan itu, bersifat sepihak serta merugikan nama baik desa.

Keterangan foto : Moch Holili Kades Simojayan

Bahwa sesungguhnya terkait pemberitaan tersebut tidak mengandung kebenaran sama sekali, karena pemberitaan tersebut mengandung unsur penyesatan dan pembentukan opini publik yang salah dalam bentuk yang disiarkan atas dasar informasi yang tidak tepat dipertanggungjawabkan kebenarannya, yang sangat jelas dan tegas mengarah kepada fitnah dan melanggar kode etik wartawan Indonesia melalui tulisan yang disiarkan berdasarkan informasi yang tidak tepat, tidak akurat dan tidak benar bahkan tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Menurut pemerintah Desa Simojayan melalui kepala desa menyampaikan, bahwa uang yang diduga hasil potongan dari dana BST itu sudah dikembalikan. Warga yang diduga dananya dipotong itu sudah menerima uangnya, sehingga sudah tidak ada permasalahan lagi.

Bahwa uang tersebut yang sebenarnya adalah bukan pemotongan langsung, melainkan murni sumbangan sukarela masyarakat. Tetapi tetap sudah dikembalikan kepada masyarakat, sehinhga masalah ini sudah dianggap selesai. Sehingga sudah tidak ada permasalahan lagi di masyarakat.

Reporter : Reg/Zen
Publish : Jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA