oleh

Buang Anggaran, Pembangunan Jalan Lingkungan Kelurahan Banyuanyar Penuh Misteri

SAMPANG, Bratapos.com – Keberadaan Jalan lingkungan yang berlokasi di Jalan Diponegoro, tepatnya sebelah timur penyucian mobil dan truck Kelurahan Banyuanyar Sampang Madura saat ini hanya dibiarkan begitu saja tidak ada manfaat dan menjadi tempat tumbuhan liar. Akses jalan tersebut ditutup paksa oleh pemilik tanah setelah selesai dibangun.

Jalan yang diperkirakan selesai dibangun sekitar tahun 2017 itu sama sekali belum pernah dirasakan oleh warga setempat. Sebab sejak jalan itu selesai dibangun, akses jalan langsung ditutup oleh pihak kantor bea cukai dan dipasang plang yang bertulis tanah milik negara.

Mantan lurah Banyuanyar Abdul Hadi Purnomo mengatakan pembangunan jalan lingkungan yang berlokasi di Jl Diponegoro Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Sampang Madura merupakan kegiatan dari dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman (DPRKP) tahun 2017.

“Sejak saya menjabat sebagai lurah banyuanyar sekitar tahun 2017 lalu, saya pernah mendapat laporan dari warga setempat tentang penyegelan pembangunan jalan lingkungan yang dilakukan oleh pihak bea cukai” terangnya pada bratapos.com Senin (31/08/2020).

Mendengar laporan itu, ia mengecek langsung ke lokasi. Setelah ditanyakan ke warga setempat kegiatan tersebut dari dinas DPRKP Kabupaten Sampang. Menurutnya, selama ia menjabat sebagai lurah sejak Tahun 2016 sampai 2020 dinas terkait ketika melaksanakan kegiatan di wilayah kelurahan koordinasinya sangat lemah, sehingga ketika ada persoalan, lurah sering juga kebingungan.

“Saat pelaksanaan kegiatan dinas terkait tidak ada koordinasi ke kelurahan dan tidak hanya pekerjaan pembangunan jalan saja pekerjaan kegiatan yang lain di dinas itu (DPRKP) juga tidak ada koordinasi. Sehingga kami kadang menegur ke pelaksananya langsung untuk koordinasi ke kelurahan karena jika ada apa – apa warga mengadunya ke lurah” ucapnya.

Hal senada juga di katakan Camat kota Sampang Yudhi Adidarta mengaku selama menjabat sebagai camat pada bulan Agustus 2017 ia tidak tahu dengan adanya kegiata bangunan jalan lingkungan di kelurahan tersebut. Ia justru mengklaim register kegiatan tidak ada di kecamatan tetapi di dinas masing – masing.

“Maaf saya kurang tahu dengan kegiatan itu, sedangkan untuk register kegiatan ada di dinas masing – masing bukan di kecamatan” tandasnya.

Perlu diketahui kondisi Jalan lingkungan yang lokasinya tepat sebelah barat penyucian mobil dan truck di kelurahan banyuanyar Sampang madura ini sekarang hanya menjadi tempat tumbuhan liar. Dan akses jalan tersebut ditutup oleh pihak kantor bea cukai dengan di pasang plang yang bertulis tanah milik negara.

Reporter : Fara
Editor : Riyan
Publish : Jamal

REKOMENDASI UNTUK ANDA