oleh

Dusun Sambirejo Peringati 10 Muharram Santuni Anak Yatim Piatu

GROBOGAN, Bratapos.com – Dalam memperingati 10 Hari Muharam, Sesepuh dan tokoh agama Desa Putatnganten Dusun Sambirejo, Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan, memberi santunan anak yatim Piatu, di Masjid Baitul Muttaqin, Jum’at (28/08/2020) sore hari.

Acara tersebut di hadiri oleh Supriyadi Kades, Nurkholis Kadus Desa Putatnganten Dusun Sambirejo, sekdes Asrori dan Ketua Rt. Menurut Supriyadi Muharram atau jawanya Suro adalah bulan tarbiyah, bulan sakral dan satu di antara empat bulan yang Allah SWT mewajibkan hamba-Nya untuk menghormatinya. “Muharam menjadi sakral dan membumi di Nusantara karena memiliki landasan ayat-ayat Alquran, “ujarnya.

Masrokhan selaku sesepuh Agama mengatakan, untuk memperingati 10 Suro tersebut, atas dasar murni dari hati guna mengadakan santunan. “Santunan anak yatim piatu ini merupakan kepedulian umat islam kepada sesama manusia yang membutuhkannya serta dapat meringankan beban orang tua. Ada 7 anak yang mendapatkan santunan tersebut terdiri dari 3 laki-laki 4 perempuan. Yaitu atas nama (1) Aji saputro (2) Prayogo (3) Suraya (4) Cika (5) Lailatul Nisa (6) Zahrotun Nafi (7) Dila.

Supriyadi sebagai Kades mengatakan bahwa acara ini selain mencari keberkahan untuk kemajuan desa serta keluarga, bahwa santunan yatim piatu tersebut dilaksanakan dalam rangka “nguripi-nguripi” budaya Islam Jawa yang saat ini mulai luntur dan ditinggalkan generasi muda. Serta anjuran di hari Asyura terutama pada hari kesepuluh juga umat Islam dianjurkan untuk menyantuni anak-anak yatim piatu. Karena, siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim di hari Asyura (tanggal 10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat. “Itu menjadi dasar kami melaksanakan santunan yatim piatu dan fakir miskin tiap 10 Asyura, “pungkasnya.

Reporter: Nurhudi
Editor/Publisher: Arta

REKOMENDASI UNTUK ANDA