oleh

Rapat Koordinasi Penanganan Kebakaran Hutan dan Penandatanganan Keputusan Bersama Antara Polres Jepara dan KPH Pati Utara

JEPARA, Bratapos.com – Bertempat di aula Endra dharma laksanana lantai 3 Polres Jepara telah berlangsung kegiatan Rapat Koordinasi Penanganan Kebakaran Hutan dan Penanda Tanganan Keputusan Bersama Antara Polres Jepara dan KPH Pati Utara.

Karhutla menjadi perhatian serius dari Presiden RI Ir. Joko Widodo, Kapolri maupun Panglima TNI. Kegiatan yang dilaksanakan saat ini adalah untuk menyamakan persepsi terkait dengan penanganan kebakaran hutan. Apabila kebakaran hutan dan lahan tidak dapat di meminimalisir atau di cegah maka pimpinan wilayah akan di evaluasi oleh pimpinan atas tutur kapolres jepara dalam sambutannya.

Selama ini telah terjalin kerjasama yang baik antara Kodim 0719 Jepara, Polres Jepara dan Kesatuan Pemangku Hutan (KPH). Kami dari jajaran Kodim 0719 Jepara siap untuk bekerjasama dalam menjaga keamanan dan kelestarian hutan di jepara sambutan dandim 0719 jepara Letkol Arm suharyanto S Sos.

Di teruskan dari sambutan sekda jepara Edi sujadmiko S Sos, bahwa yang patut kita perhatikan yaitu perihal pencegahan dan antisipasi semoga kejadian kebakaran hutan tidak terjadi di wilayah Kabupaten Jepara Kita harus bersyukur karena hutan di wilayah Kabupaten Jepara tidak begitu luas namun kita tetap waspada, yang harus kita laksanakan yaitu patroli untuk antisipasi kebakaran. Berikan sosialisasi edukasi kepada masyarakat perihal pencegahan, bahaya dan penanganan kebakaran hutan di Wilayah Kabupaten Jepara, hindari kegiatan yang dapat menimbulkan kebakaran.

Kepala Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Ir. RM. Dadang Ishardianto menyatakan
Bahwa stigma kamtibmas di musim corona atau covid-19 menunjukkan peningkatan terbilang signifikan, hal tersebut disebabkan karena kebutuhan ekonomi dilingkungan masyarakat. Sesuai arahan yang diberikan pimpinan satuan atas sebagaimana yang disampaikan oleh Kapolres Jepara agar dijalin kerjasama dengan baik antara Polres Jepara, Kodim 0719 Jepara, PKH maupun dengan masyarakat setempat. Yang perlu kita waspadai yaitu daerah hutan di lereng gunung muria, diwilayah tersebut berpotensi terjadi kebakaran, kemudian yang perlu dilakukan yaitu berikan edukasi kepada masyarakat untuk melaksanakan pencegahan, Paparan KabagOps Polres Jepara Kompol Yohan Setiajid, S.H. Menjelaskan tentang paparan dengan tema pencegahan Karhutla di wilayah Kabupaten Jepara.

Luas kawasan hutan di Kabupaten Jepara berdasarkan data badan pusat statistik Provinsi Jawa Tengah yaitu luas hutan negara: 16.881,54 Ha dan luas hutan rakyat: 17.945,54 Ha Inovasi serta upaya menjaga kawasan hutan di wilayah Kabupaten Jepara dalam pelaksanaan mencegah Karhutla Polres Jepara TMT Januari sampai dengan Agustus 2020 telah melaksanakan Himbauan sebanyak 761 Kali, Sosialisasi sebanyak 532, Latihan Penanggulangan Karhutla sebanyak 6 Kali, Apel Kesiapan sebanyak 15 Kali, serta patroli cegah Karhutla sebanyak 1360 kali.

Reporter: Zub
Editor/Publisher: Lut Arta

REKOMENDASI UNTUK ANDA