oleh

Pengukuhan Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Grobogan 2020-2023

GROBOGAN, Bratapos.com – Dalam acara Pengukuhan Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Grobogan Periode 2020-2023, dan webiner diskusi pembangunan kabupaten Grobogan secara virtual, mengingat situasi dan kondisi yang ada, Selasa (25/8/20).

Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Grobogan, Kepala Bappeda Provinsi Jateng, Ketua DRD Provinsi Jateng, Anggota DRD Kabupaten Grobogan, Sekretairis Daerah, beserta para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda dan Kepala OPD, Para Kepala Bagian dan Camat se Kabupaten Grobogan, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Profesi, Lembaga Swadaya Masyarakat.

“Bupati Grobogan Hj.Sri Sumarni menerangkan, 7 (tujuh) bulan lagi, genap 5 (lima) tahun, saya menjalankan amanah, melaksanakan Rencana Pembangunan Jangka menengah (RPJMD) 2016-2021, sebagai penjabaran dari visi dan misi, saat kami mencalonkan diri. Melalui olah pikir yang terencana secara sistematis, tindakan nyata, dan kerja keras dari Pak Sekda beserta jajaranya, sebagai wakil-wakil saya, serta didukung dengan pola hubungan yang baik dengan semua pihak, Alhamdulillah, sebagian besar target pembangunan tercapai, dan hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat, meskipun dengan sumber daya yang terbatas. Apalagi Infrastruktur jalan atau jembatan, pasar, kesehatan, sekolahan, penataan kota, destinasi wisata dan infrastruktur lainya sudah banyak yang berubah.

Sektor pertanian dan peternakan, terus kita kembangkan untuk mendukung ketahanan pangan. Sedangkan investasi semakin tumbuh dengan masuknya beberapa perusahaan besar yang mampu menyerap tenaga kerja. Tata kelola pemerintahan juga terus kita benahi, 4 tahun opini BPK atas laporan keuangan kita WTP, SAKIP dari CC menjadi B dan juga bidang lainya, “ujarnya.

Keberhasilan ini boleh dibanggakan sebagai motivasi atas kerja keras kita, namun evaluasi wajib terus kita lakukan. Masih banyak permasalahan dan pekerjaan rumah yang harus dituntaskan. Kemiskinan, Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI-AKB), Stunting, Angka Putus Sekolah, dan juga masalah sosial lainya, masih perlu perhatian serius. Pemberdayaan ekonomi kerakyatan, melalui UMKM, petani, dan sektor riil lainya, perlu terus dikembangakan, untuk menjaga pertumbuhan ekonomi. Berbagai potensi unggulan yang kita miliki masih banyak yang bisa digali dengan inovasi, dan kreatifitas untuk bisa dimanfaatkan dan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat, “tambahnya.

“Oleh karena itu, Saya sangat apresiatif dan mendukung, ketika Kepala BAPPEDA melaporkan untuk membentuk Dewan Riset Daerah (DRD). Kita undang putra-putra daerah yang telah sukses menjadi akademisi di berbagai disiplin ilmu, untuk ikut memikirkan kemajuan daerah yang kita cintai ini. Sebagai putra daerah, atau setidaknya memiliki hubungan emosional dengan Grobogan, kami berharap banyak, agar Bapak atau ibu berkenan meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya, guna menjadi pemikir, penyusun kajian akademis, sekaligus mempelopori penelitian dan riset terhadap berbagai permasalahan dan potensi Kabupaten Grobogan.

Hasilnya akan menjadi masukan dan bahan dalam memecahkan berbagai permasalahan serta penyusunan kebijakan pembangunan daerah. Karena situasi dan kondisi, sehingga pengukuhan ini dilaksanakan secara virtual, namun tidak mengurangi arti dan makna serta keabsahan atas keberadaan DRD Kabupaten Grobogan. Jika sudah kondisi memungkinkan silakhkan diagendakan kembali dengan tatap muka, baik secara bersama, maupun langsung dengan OPD terkait, untuk mendiskusikan dan berbagai permasalahan yang ada.

Demikian yang dapat saya sampaikan, sekali lagi saya atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Grobogan, menyampaikan “selamat” kepada Anggota Dewan Riset Daerah Kabupaten Grobogan periode 2020-2023. Selamat memberikan pengabdian, kepada Kabupaten Grobogan yang kita cintai. Mari bersama mewujudkan Kabupaten Grobogan yang semakin hebat, berdaya saing tinggi, menuju masyarakat yang semakin sejahtera, “imbuhnya.

Reporter: Arief
Editor/Publisher: Arta

REKOMENDASI UNTUK ANDA