oleh

Dandim 0719/Jepara Hadiri Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 Di Halaman Kantor Sekda Jepara

JEPARA, Bratapos.com – Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arm Suharyanto S. Sos hadiri pelaksanaan Upacara Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka peringatan HUT Kemerdakaan Republik Indonesia ke-75 Tahun 2020 di Halaman Kantor Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara, Senin (17/8/2020).

Upacara berlangsung dengan khidmat tersebut dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan karena masih dalam situasi Covid-19. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Jepara H. Dian Kristiandi S. Sos sementara Komandan Upacara Dan Unit Intel Dim 0719/Jepara Letda Inf Edi Sulistyono. SH.

Hadir dalam upacara tersebut, Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto, S.H., S.I.K., M.H, Kepala Kejaksaan Negeri Jepara Bpk. Saiful Bahri S.H., M.H, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jepara H. Pratikno, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Jepara Drs. Faiq, S.H., M.H, Sekda Kab. Jepara Bpk. Edi Sujatmiko, S.Sos., M.M, M.H dan Unsur OPD Kabupaten Jepara.

Sementara untuk peserta upacara terdiri Satu regu Korsik Pemda Jepara, Satu Regu anggota Kodim 0719 /Jepara, Satu Regu Satuan Sabhara Polres Jepara dan Satu Regu ASN Pemda Jepara.

Pada amanat yang dibacakan Bupati Jepara mengatakan pada pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020 ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun ini merayakan HUT Kemerdekaan RI di tengah suasana Pandemi Covid-19, tentu hal tersebut terasa lebih menguji daya juang, pengorbanan, kedisiplinan dan kepatuhan sebagai suatu negara.

“Hari ini genap ke-75 tahun kita menghirup udara kebebasan yang kita sebut sebagai Kemerdekaan. Bahwa kemerdekaan adalah jembatan emas untuk mewujudkan cita-cita berbangsa dan bernegara,” ucap Dian Kristiandi.

Lebih lanjut, tujuan akhir yang ingin dicapai bangsa Indonesia setelah merdeka adalah masyarakat adil, makmur dan sejahtera, namun untuk mencapai cita-cita tersebut harus ada persatuan dan kedaulatan.

Andi juga menambahkan bahwa tahun ini merupakan tahun keempat dalam mewujudkan visi Jepara yakni mewujudkan Jepara Madani yang Berkarakter, Maju dan Berdaya Saing. Hal ini membutuhkan peran serta seluruh pihak. Akan tetapi, adanya pandemi Covid-19 membuat kebijakan dengan mengubah prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Jepara tahun 2020.

“Salah satu dampak Covid-19 adalah menurunnya pendapatan daerah sehingga belanja daerah harus menyesuaikan. Saat ini kita ditantang untuk bersinergi dan menyatukan langkah dalam mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

ia juga menyebutkan telah banyak kemajuan yang dicapai oleh Jepara di 75 tahun kemerdekaan Indonesia ini. Diantaranya tingkat kemiskinan di Jepara yang turun di angka 7 persen. Angka ini, menurutnya, dibawah angka tingkat propinsi dan nasional. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Jepara juga berada di angka yang baik yakni 71,38 lebih tinggi dari capaian IPM Jawa Tengah.

“Meskipun demikian, masih banyak hal yang harus kita benahi bersama untuk mewujudkan SDM (sumber Daya Manusia) yang unggul. Dibutuhkan komitmen dan kerjasama seluruh elemen. Sebab untuk membangun Jepara tidak bisa dilakukan secara parsial. Saya yakin dan percaya kita mampu mewujudkan Jepara Madani yang Berkarakter dan Berdaya Saing,” pungkasnya.

Reporter: Zub
Editor/Publisher: Lut Arta

REKOMENDASI UNTUK ANDA