oleh

Hadiah Timah Panas Tim Kuro Polres Lumajang, Trobos Kaki Pelaku Kejahatan

LUMAJANG, Bratapos.com- Tim Kuro Polres Lumajang, berhasil meringkus tiga orang yang diduga kuat adalah para pelaku pencuri kendaraan bermotor (Curanmor, red) yang telah beraksi di sekitaran Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, pada beberapa hari yang lalu.

Aksi ketiganya yang terekam CCTV, menjadikan Tim Kuro tanpa ragu melakukan perburuan dan menyergap ketiga pelaku tersebut ditiga tempat yang berbeda, terhitung 3 hari setelah kejadian.

Adapun identitas para pelaku diantaranya berinisial FY (22) Warga Dusun Krajan Desa Sumberanyar Kecamatan Rowokangkung, AY (16) masih tetangga FY dibawah umur, dan terakhir berinisial AZ (26) Warga Dusun Tanjungsari, Desa Mangunsari, Kecamatan Tekung, saat FY hendak ditangkap mencoba melarikan diri sehingga dihadiahi timah panas pada kakinya, sedangkan untuk pelaku berinisial AZ melakukan perlawanan ketika hendak disergap, dan terpaksa petugas melumpuhkannya dengan tindakan tegas terukur.

“Dari ketiga para pelaku, dua orang diantaranya berusaha melarikan diri dan melakukan perlawanan ketika hendak ditangkap, sehingga sesuai SOP, tindakan tegas terukur terpaksa dilakukan pada kaki kanan keduanya”,Ujar Kapolres Lumajang AKBP. Deddy Foury Milewa, SH. S.I.K. M.I.K., saat menggelar Press Reallese dihalaman Mapolres Lumajang, Jum’at (14/8/2020).

Bukan itu saja, ternyata dari hasil penyidikan Polres Lumajang, ketiga pelaku ini adalah pelaku spesialis pencurian dengan pemberatan, ini sesuai pengakuan ketiga pelaku, bahwa sudah lima kali melakukan tindakan kejahatan yang sama disekitaran wilayah Yosowilangun, Rowokangkung, dan kabupaten Jember.

“Sesuai pengakuannya Ketiga pelaku ini sudah beraksi sekitar 5 kali, empat kali disekitaran kabupaten Lumajang, dan satu kali disekitaran Kecamatan Jombang Kabupaten Jember”,Terangnya.

Hal senada yang juga disampaikan Kasat “Tim Kuro” Polres Lumajang, AKP Masykur, S.H., aksi komplotan ini, setiap melakukan kejahatannya selalu bermodalkan kunci letter T, yang dipergunakan untuk merusak tempat kontak para unit yang menjadi sasarannya.

“Para tersangka ini setiap beraksi selalu berbekal alat kunci letter T untuk merusak kontak motor korbannya,”Tandasnya.

Setelah berhasil melakukan penangkapan terhadap ketiga pelaku, Masih menurut AKP. Masyikur, Tim Kuro dibawah komandonya langsung menggelandang ketiganya ke Mapolres Lumajang untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut, dan akibat perbuatannya para pelaku aksi kejahatan jalanan ini harus meringkuk dibalik jeruji besi sebagai konsekwensi perbuatannya.

“Kami akan mengembangkan kasus ini, dan pelaku kami jerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Dengan hukuman maksimal 7 tahun kurungan penjara,” pungkasnya.

Reporter: Tim

Editor/ Publisher: Shelor

REKOMENDASI UNTUK ANDA