oleh

Desa Macanan, Optimalkan Bangun Pavingisasi Jalan Pemukiman

NGAWI, BrataPos.com – Sugiman, selaku Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Macanan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, mengatakan di lokasi kegiatan tentang pembangunan jalan poros di Dusun Sanan RT.02/03 dan Dusun Ngijo RT.07/02 Desa Macanan. Ia menceritakan jenis pembangunan pavingisasi dengan volume panjang 350 m lebar 3,5 m, sumber dana dari Anggaran Dana Desa DD.

Sugiman menyampaikan terkait yang mengerjakan proyek tersebut warga setempat, sudah sesuai dengan Juknis, Petunjuk Teknis Padat Karya Tunai (PKT) yaitu sasarannya harus warga setempat dinyatakan dengan fotocopy KTP. Dengan tujuan mewujudkan pemberdayaan perekonomian masyarakat yang dibawah garis kemiskinan dengan Hak Upah Kerja, yaitu tukang Rp. 95.000,- per hari dan pekerja Rp. 80.000,- per hari.

“Sehingga mereka mendapat tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, minimal meringankan beban mereka untuk biaya sehari-hari,” tegasnya.

Kepala Desa Macanan, Sujarwo pada saat dikonfirmasi oleh Wartawan BrataPos di ruang kerjanya mengatakan, terkait keterangan yang disampaikan oleh Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD), Sugiman, memang sudah sesuai dengan prosedur mas.

“Dari mulai awal Musrenbangdes, Muscam, Muskab prioritasnya adalah jalan infrastruktur sesuai dengan perencanaan awal yang telah disepakati, disetujui hasil Musyawarah tingkat Desa, yaitu jalan poros antar Desa dan Dusun yang merupakan jalan poros pemukiman warga dan jalan perekonomian warga, jalan menuju lahan pertanian, dan juga jalan ini digunakan oleh anak didik kita yang menuju ke SD, MI, MTs, SMP yang ada di wilayah ibukota Desa Macanan,” ungkapnya.

Sujarwo menambahkan, Ketika ditanya tentang harapan kedepan untuk kemajuan desanya yang menjadi desa berpotensi, apa saja mas? Kades Macanan menjawab, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat (peningkatan perekonomian masyarakat) melalui, bidang pertanian, perdagangan, karena sebagian besar masyarakat Desa Macanan bekerja sebagai petani dan pedagang.

“Maka akan saya optimalkan untuk pembangunan jalan infrastruktur jalan utama yang mengakses ke kota dan daerah sekitarnya supaya lancar dan dapat memenuhi target yang dicapai. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah maupun Pusat yang telah mengucurkan dana untuk membangun sarana dan prasarana bidang pertanian, dan bidang infrastruktur di desa kami, dan telah kami wujudkan semaksimal mungkin,“ pungkas Kades Sujarwo.

Reporter : Zae/Adv
Publish : Jml

REKOMENDASI UNTUK ANDA