by

Petahana Terancan Tidak Bisa Mendaftar Di KPU Partai Berkariya Megalikan Dukugan Ke Hi Usman Sidik, Dan Alibassam Kasuba

HALSEL -Bratapos.com. Terancam tak akan diikuti calon petahana. Ini setelah Partai Berkarya mengeluarkan Surat Keputusan (SK) B1.KWK untuk calon bupati dan wakil bupati Usman Sidik dan Hasan Ali Bassam Kasuba.

SK bernomor SK-001/PILKADA/DPP-BERKARYA/VIII/2020 tertanggal 5 Agustus 2020 itu ditandatangani Ketua Umum Berkarya Muchdi Purwopranjono dan Sekretaris Jenderal Badaruddin Andi Picunang. SK tersebut menyebutkan DPP Partai Berkarya memberikan persetujuan pada Usman Sidik dan Hasan Ali Bassam Kasuba sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Halsel.

SK ini ramai beredar di media sosial Rabu (12/8) malam. Usman yang dikonfirmasi Bratapos.com membenarkan dukungan Berkarya yang diberikan kepadanya dan Bassam.

“Karena (SK) sudah beredar jadi saya mengakui saja,” ungkap Wakil Bendahara Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Bergabungnya Berkarya membuat koalisi partai politik untuk memenangkan Usman-Bassam kian besar. Sebelumnya, pasangan ini sudah mengamankan dukungan Partai Golkar yang punya 5 kursi di DPRD, Partai Kebangkitan Bangsa (4 kursi), Partai Keadilan Sejahtera (3 kursi), Partai Demokrat (2 kursi), PDI Perjuangan (2 kursi), Partai Amanat Nasional (1 kursi), Partai Solidaritas Indonesia (1 kursi), dan Berkarya (1 kursi). Total ada 19 kursi yang diamankan Usman-Bassam.

Pengalihan dukungan Berkarya dari petahana Bahrain Kasuba dengan pasangannya Lutfi Machmud ke Usman-Bassam juga membuat posisi Bahrain selaku calon bupati terancam. Pasalnya, sejauh ini ia dan Lutfi baru mengantongi rekomendasi Partai Gerindra dengan 3 kursi dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia dengan 2 kursi.

Sedangkan dua parpol tersisa lainnya, yakni Partai Nasdem (5 kursi) dan Partai Hanura (1 kursi) sudah mengusung paslon Helmi Umar Muchsin-La Ode Arfan. Sekadar diketahui, beleid mengatur paslon minimal diusung 6 kursi di parlemen untuk bisa mencalonkan diri sebagai calon bupati dan wakil bupati Halsel.(Ris/Bp)

Reporter : Fahri
Editor Publisher : Rizki Ardhio

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

REKOMENDASI UNTUK ANDA